80 Kasus Penambahan Penderita HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu

80 Kasus Penambahan Penderita HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu

Herwan Antoni-(foto: nur meissuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Tercatat sebanyak 1.200 orang penderita HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu, dengan pertambahan kasus tahunan mencapai 80 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengungkapkan, hingga November 2022 sebanyak 1.200 warga pengidap HIV/AIDS di Bengkulu. 

Bahkan setiap tahunnya, penderita HIV/AIDS di Provinsi Bengkulu dapat bertambah hingga 80 orang yang tersebar di 10 kabupaten/kota dan terbanyak penderita berada di Kota Bengkulu.

"Berdasarkan data kita ada 1.200 penderita HIV/AIDS, yang setiap tahun itu ada penambahan kasus baru hingga 80 orang," ungkap Herwan, Jum'at (2/12/2022).

BACA JUGA:Bank Mandiri Taspen Hadirkan Layanan Cek Kesehatan Gratis Bagi Para Nasabah

Kondisi ini tentunya perlu pencegahan penambahan kasus HIV/AIDS agar tidak semakin meluas masyarakat yang terinfeksi virus tersebut. 

Untuk itu, Herwan mengimbau masyarakat untuk memahami edukasi dan pendidikan sejak dini, untuk mencapai zero HIV/AIDS pada tahun 2030 mendatang.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar penyakit ini dapat dicegah dengan jalan ya tentu berprilaku sehat, dengan tidak melakukan seks bebas dan prilaku yang menyimpang. Karena kita tahu penularannya melalui hubungan seks dan transfusi darah. Ketika kita bisa mencegah itu dengan perilaku yang sehat, Insyaallah bakal terhindar," ujarnya.

Berdasarkan data Dinkes Provinsi Bengkulu, penderita HIV/AIDS menjangkit beberapa kalangan diantaranya Ibu Rumah Tangga, Pengguna Napza, Waria hingga pekerjaan komersial.(Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: