Naik Tipelogi, Polres Bengkulu Berganti Jadi Polresta Bengkulu

Naik Tipelogi, Polres Bengkulu Berganti Jadi Polresta Bengkulu

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung Wicaksono saat mengukuhkan peningkatan tipe Polres Bengkulu menjadi Polresta Bengkulu-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Kepolisian Resort Bengkulu ( Polres Bengkulu), Senin (31/10/2022) secara resmi berganti nama menjadi Polresta Bengkulu. Pergantian nama ini merupakan bentuk peningkatan tipelogi Polres Bengkulu yang sebelumnya dari Polres menjadi Polres Kota (Polresta) Bengkulu. 

Peningkatan tipelogi ini dikukuhkan langsung oleh Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung Wicaksono di Aula Polresta Bengkulu dengan didampingi jajaran PJU dari Polda dan Polresta Bengkulu. 

Disampaikan Irjen Pol Agung Wicaksono, dengan pergantian nama Polres Bengkulu ini tentunya akan ikut berpengaruh dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Polresta Bengkulu.

Seperti,  pangkat Kapolres Bengkulu yang sebelumnya dijabat oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) akan dijabat oleh Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). 

BACA JUGA:Rumah dan 2 Motor Warga Bengkulu Hangus, Kerugian 250 Juta

"Dengan kenaikan tipelogi ini nanti Kapolrestanya akan dijabat oleh Kombes Pol. Namun untuk sementara ini kita menunggu keputusan dari Mabes Polri dan saat ini masih dijabat oleh Kapolres yang lama," kata Irjen Pol Agung Wicaksono, pada bengkuluekspress.com.

Ia menambahkan, dengan tipelogi ini pula banyak hal yang menjadi catatan pihaknya selaku Kapolda Bengkulu, diantaranya kinerja daripada jajaran Polresta Bengkulu harus lebih meningkat terlebih dalam hal melindungi dan mengayomi masyarakat.

Selain itu, Irjen Pol Agung Wicaksono berharap agar para anggota Polresta Bengkulu dapat menjaga nama baik institusi dan melakukan penegakan hukum yang berkeadilan. 

"Harapannya dengan kenaikan tipe ini kinerja jajaran Polresta Bengkulu bisa lebih meningkat khususnya diwilayah Kota Bengkulu," sambungnya.

Sementara itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang turut hadir dalam pengukuhan tipelogi Polres Bengkulu menjadi Polresta Bengkulu ikut mengapresiasi kinerja personil Polresta dan jajaran.

Diungkapkan Rohidin, dengan kenaikan tipelogi ini artinya kapasitas kelembagaan Polresta Bengkulu jadi meningkat. Hal ini tentunya sejalan dengan peningkatan personil, kewenangan dan juga anggaran.

Rohidin mengaku,  posisi Polresta Bengkulu dinilai strategis, dimana kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi selalu diadakan di Kota Bengkulu.

 Sehingga kewenangan ini yang menjadi presisi kedepan untuk sama-sama melakukan kolaborasi bersama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu. 

"Begitu penting fungsi esensial kepolisian dan ini perlu kita perkuat secara bersama -sama," tutup Rohidin Mersyah. (TRI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: