BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Bengkulu Hingga November, Kecepatan Angin Berkekuatan Sampai 18 Knot

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Bengkulu Hingga November, Kecepatan Angin Berkekuatan Sampai 18 Knot

Kepala BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Tri Widiarto, saat diwawancarai wartawan.-(foto: nur miessuary/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu memprediksi cuaca ekstrem seperti hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang akan terus terjadi hingga November mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Tri Widiarto di Kota Bengkulu, saat ditemui dikantornya, Rabu (26/10/2022).

"Cuaca ekstrem hujan disertai dengan angin kencang yang terjadi di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu hingga November," ungkap Tri.

Bahkan BMKG memperkirakan hujan terjadi nantinya memiliki potemsi intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan angin yang berkekuatan 3 hingga 18 knot. 

Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat Provinsi Bengkulu waspada terhadap potensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan lainnya yang dapat terjadi kapan saja. 

BACA JUGA:Lanal Bengkulu Resmikan Daerah Latihan di Lahan Pelindo

"Cuaca ekstrem tersebut terjadi disebabkan karena adanya pusat tekanan rendah dan masuknya uap air di Samudera Barat Sumatera ke wilayah Bengkulu, sehingga memicu terbentuknya awan hujan," terangnya

 

Selain itu, Tri juga menyampaikan perairan Bengkulu juga berpotensi terjadi gelombang tinggi yang mencapai empat meter.

 

Karena itu, dirinya menghimbau para nelayan dan kapal tongkang untuk sementara tidak melaut karena adanya gelombang tinggi di perairan Enggano Bengkulu yang mencapai empat meter. 

 

"Untuk sementara diminta para nelayan yang mencari ikan di perairan Bengkulu untuk tidak melaut," himbaunya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: