12.850 Warga Kota Bengkulu Bakal Terima BLT BBM, Penyaluran 7-16 September

12.850 Warga Kota Bengkulu Bakal Terima BLT BBM, Penyaluran 7-16 September

Pembagian bansos beberapa waktu lalu di salah satu kantor pos di Kota Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Sejak awal September 2022, Kementerian Sosial (Kemensos) RI sudah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) terkait kenaikan harga BBM kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) melalui PT Pos (Persero).

Sedangkan di Kota Bengkulu sendiri berdasarkan data terbaru Dinas Sosial (Dinsos) ada sebanyak 12.850 warga bakal menerima BLT BBM ini. Rencananya, penyaluran akan dilakukan pada 7 hingga 16 September ini.

Plt Kepala Dinas Sosial kota Bengkulu Riza Emilia mengatakan, BLT BBM ini untuk empat bulan, namun penyalurannya akan dilakukan dua kali. Untuk kriteria penerimanya sendiri merupakan masyarakat yang masuk dalam program keluarga harapan (PKH), dan telah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial. 

"Untuk tahap pertama ini BLT BBM untuk 12.850 ribu keluarga penerima manfaat. Untuk besarannya ialah 600 ribu dan penyalurannnya akan dilakukan pada 7-16 September. Sedangkan untuk tahap ke dua kita masih menunggu petunjuk dari pusat," ungkap Riza, Kamis (08/09/2022).

BACA JUGA:Nelayan Bengkulu Lebih Butuh Bantuan BBM Daripada BLT

Jika masyarakat ingin mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima BLT BBM tersebut, nantinya bisa langsung mendownload aplikasi cek bansos dan dapat mengikuti rentetan dalam fitur aplikasi tersebut. Riza juga mengimbau kepada masyarakat yang menerima BLT BBM untuk dipergunakan sebaik baiknya, artinya harus dipergunakan untuk kebutuhan ekonomi.

Bansos BBM ini diberikan pemerintah guna meredam inflasi atau harga-harga produk barang dan jasa yang tidak perlu naik terlalu cepat. Selain itu, bagi pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan juga akan mendapat kucuran BLT sebesar Rp 600 ribu yang akan didistribusikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: