Derta Wahyulin Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Provinsi Bengkulu

Derta Wahyulin Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi Provinsi Bengkulu

Foto Bersama Usai Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Bengkulu, di Hotel Mercure-(foto: nur miessuary/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Hj Derta Wahyulin dikukuhkan menjadi Bunda Literasi atau Duta Baca Provinsi Bengkulu hari ini (5/9/2022). Hal ini diharapkan mampu mendongkrak indeks literasi di Provinsi Bengkulu.

Diungkapkan Gubernur Bengkulu, DR drh Rohidin Mersyah MMA usai mengukuhkan Bunda Literasi Provinsi Bengkulu, dan Bunda Literasi kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu, literasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM).

Sehingga dapat membangun pola pikir yang maju serta membangun semangat yang saling menguatkan. Karena itu semua bagian daripada literasi. 

Literasi bukan hanya untuk pembaca namun juga untuk penulis karena itu akan sangat berpengarus terhadap permukaan watak dan sikap kita.

BACA JUGA:Tambah Ribuan Lampu Jalan, Pemkot Bengkulu Gandeng Badan Usaha

"Penting sekali untuk meningkatkan kemampuan literasi, jadi tidak hanya membaca, tetapi juga menulis, berbicara dan pada akhirnya bisa memahami, karena kemampuan sesorang itu dapat mampu mengatasi persoalan dalam kehidupan," ungkap Rohidin.

Selain berguna untuk peningkatan diri literasi yang tinggi akhirnya juga akan berpengaruh besar untuk kemajuan yang ada di Provinsi Bengkulu kedepannya.

"Kemampuan literasi yang lemah itu akan membuat daerah ini tidak maju. Termasuk bagaimana kita membuat sebuah stori dan pemberitaan juga bisa berdampak kepada pemikiran yang positif," terang Rohidin.

Berdasarkan data dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. 

Padahal, dari segi penilaian infrastruktur untuk mendukung membaca, peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

Disisi lain Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, berharap dengan dikukuhkannya Bunda Literasi ini dapat meningkatkan indeks tingkat literasi Provinsi Bengkulu.

Pemilihan Ibu sebagai Bunda Literasi sangat penting, mengingat seorang ibu memiliki peranan penting dalam mengedukasi anak - anaknya dirumah.

"Mereka sebagai motivator, sebagai inisiator dalam rangka peningkatan indeks literasi dan kegemaran membaca  di Provinsi Bengkulu dimana itu semua akan meningkatkan SDM dalam rangaka mencapai tujuan bangsa ini terutama provinsi Bengkulu menuju Bengkulu yang sejahtera dan hebat," terang Meri.

Menurutnya perlu kerjasama baik itu dari komunitas maupun pemerintah, untuk dapat mewujudkan indeks literasi baik untuj Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: