Petugas Standby Layani Kesehatan Masyarakat Korban Banjir

Petugas Standby Layani Kesehatan Masyarakat Korban Banjir

Nakes puskesmas yang mulai membuka posko kesehatan gratis bagi korban banjir-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM -  Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kesehatan mengerahkan tenaga kesehatan yang ada di puskesmas untuk mendirikan posko pengecekan kesehatan. Posko ini didirikan untuk melayani kesehatan masyarakat dan penanganan dini terhadap dampak kesehatan yang timbul akibat banjir. Ada 4 posko tang sudah didirikan yakni di Kelurahan Sukamerindu, Rawa Makmur, Tanjung Jaya, dan Sawah Lebar.

Kepala Dinas Kesehatan kota melalui Sekretaris Dinkes Nurhidayati mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan puskesmas yang ada di Kota Bengkulu untuk turun ke lokasi banjir untuk melayani masyarakat terhadap gangguan kesehatan yang mulai dialami. Biasanya, penyakit yang ditimbulkan seperti penyakit kulit, diare, dan gangguan kesehatan lainnya.

“Para petugas puskesmas kita kerahkan. Untuk posko kita sebar, seperti Kelurahan Sukamerindu, Sawah Lebar dan Bentiring. Dalam hal ini kita juga minta puskesmas terdekat turut membantu dan bertanggungjawab dengan lokasi banjir terdekat. Petugas ini juga dikerahkan untuk mobile menjangkau masyarakat secara door to door dan masyarakat juga bisa datang langsung ke posko. Pelayanan ini gratis, jadi masyarakat jangan ragu memeriksakan kondisinya ke puskesmas atau posko kesehatan jika dirasa tubuh kurang sehat," ungkapnya, Rabu (31/08).

BACA JUGA:PT IBP Salurkan 800 Paket Sembako ke Korban Banjir di Benteng

Ia menambahkan, para nakes juga diinstruksikan untuk lebih memprioritaskan balita mengingat di usia ini masih sangat rentan terkena penyakit. Ditambah lagi, balita juga perlu tambahan asupan makanan ekstra dan vitamin agar terhindar dari penyakit. Selain itu stok obat-obatan untuk dewasa juga disiapkan dan masyarakat juga bisa mengambil secara gratis untuk antisipasi penanganan awal. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: