Kelompok Wanita Tani di Kota Bengkulu Dapat Bantuan P2L Rp 60 Juta

Kelompok Wanita Tani di Kota Bengkulu Dapat Bantuan P2L Rp 60 Juta

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi saat menyerahkan bantuan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada perwakilan kelompok wanita tani-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Bengkulu menerima bantuan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik. 

Bantuan diserahkan langsung Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi di kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Selasa (19/07). Bantuan senilai Rp juta 60 per kelompok diberikan full dalam bentuk saldo rekening.

Dedy mengatakan, untuk hari ini ada 4 kelompok yang menerima bantuan pekarangan pangan lestari ini. Yakni Kelompok Wanita Tani Seruni Rawa Makmur, Kelompok Wanita Tani Medan Jaya, Kelompok Wanita Tani Lestari Jaya, Kelompok Wanita Tani Mandiri Jaya. Setiap kelompok mendapatkan bantuan senilai Rp 60 juta, yang dibagi menjadi 2 tahap penyaluran sebesar 50 persen setiap penyalurannya. 

BACA JUGA:Kenaikan Harga Pupuk Pengaruhi Harga Cabai dan Bawang

"Bantuan ini nilainya cukup besar, kita harapkan program ini dapat dijalankan dengan maksimal, kita juga berharap program ini dapat bersinergi dalam penanganan stunting di Kota Bengkulu. Nanti juga tolong pak kadis dibuat laporannya program bantuan ini supaya pemerintah pusat tau program ini benar-benar berjalan dan kedepan ada kucuran DAK yang lebih besar," kata Dedy seusai penyerahan bantuan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat dengan cara ditanami sayur-sayuran yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat seperti cabai, tomat, terong, dan lainnya. 

Menurut Dedy, tanaman ini bisa menjadi sumber tambahan makanan sehat masyarakat yang murah dan cepat dipanen sehingga dapat membantu meningkatkan gizi masyarakat dan dapat terhindar dari penyakit kurang gizi atau stunting, di samping itu bisa membantu perekonomian keluarga. 

BACA JUGA:PPDB SD dan SMP di Kota Bengkulu Berjalan Lancar, Tetapi Masih Butuh Sekolah Baru

Wawali juga berpesan agar para penyuluh pertanian dapat membantu mensukseskan program ini dengan memberikan pendampingan secara maksimal. 

"Program ini tak akan pernah sukses kalau tidak ada pendampingan dari penyuluh, jadi kepada para penyuluh kami minta bekerja dengan baik untuk mewujudkan program ini. Semoga program Pekarangan Pangan Lestari  ini dapat terus berkembang untuk mewujudkan kemandirian masyarakat," tutupnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: