Pendap dari BS Masuk 3 Besar Makanan Tradisional Terpopuler

Pendap dari BS Masuk 3 Besar Makanan Tradisional Terpopuler

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan (BS), H Drs Yulian Fauzi MAP mengatakan pada kegiatan tahunan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020, digelar berbagai lomba untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia pariwisata Indonesia dan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

Pada ajang API award 2020 ini, Pemda BS melalui Dinas Pariwisata ikut berpartisipasi . Adapun yang diperlombakan yakni Pendap untuk kategori Makanan Tradisional Terpopuler. Pada lomba tersebut, Pendap mampu mengalahkan masakan dari daerah lain dan menyabet tiga besar nasional.

\"Alhamdulillah pada API Award 2020 kategori masakan tradisional terpopuler, pendap masuk 3 nominasi terbaik yang menjadi juara pada ajang API 2020,\" katanya.

Dikatakan Yulian, masakan khas BS yang terbuat dari ikan dan talas dan dibungkus daun pisang lalu direbus ini mampu menarik perhatian panitia, sehingga pada Selasa (9/2/) melalui Instagram API Award (@apiaward), Panitia Penyelenggara API award 2020 menyampaikan 3 nominasi terbaik yang menjadi juara pada ajang API 2020. Dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Pendap BS masuk dalam nominasi 3 terbaik, bersama 2 masakan lainnya yakni Coto Manggala dari Kotawaringin Barat dan Se’i dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dijelaskan Yulian Fauzi sebelumnya bulan Mei 2020, Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 mulai digelar. Dimulai dari bulan Juni-Juli 2020 seleksi penentuan nominasi pariwisata seluruh Indonesia, Juli-Agustus 2020 jadwal pengumuman nominasi dan sosialisasi, Agustus-Desember 2020 jadwal campaign vote dan promosi pariwisata Indonesia. Dan pada Januari-Februari 2021 jadwal closing dan pengumuman acara Malam API 2021. Ada beberapa kategori dalam ajang API award 2020 ini. Pemda BS melalui Dinas Pariwisata berpartisipasi dalam ajang penganugerahan ini dan memilih pendap untuk diikutsertakan dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler. Sehingga pada Selasa (9/2/2021) melalui Instagram API Award (@apiaward), Panitia Penyelenggara API award 2020 menyampaikan 3 nominasi terbaik yang menjadi Juara pada ajang API 2020.

\"Kita sangat bersyukur ini juga tidak terlepas dari dukungan semua pihak di BS dan juga Provinsi Bengkulu,\" ujarnya.

Dengan prestasi ini, sambung Yulian, bisa menjadi salah satu strategi branding ke tingkat nasional dalam hal memperkenalkan destinasi wisata dan kuliner yang ada di BS. Ditambahkan Yulian, panitia akan mengundang kehadiran para Juara untuk hadir dan menerima penghargaan pada Malam API 2020 yang rencananya akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

\"Semoga dengan penghargaan ini, menjadi motivasi kita untuk terus berbenah, agar dunia pariwisata di BS semakin maju dan berkembang,\" harap Yulian Fauzi. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: