Rencanakan Tambah Dapil

Rencanakan Tambah Dapil

KOTA MANNA, BE – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) BS, Juli Hartono SE didampingi oleh anggotanya Emex verzon SE mengatakan pada pemilu 2014 mendatang pihaknya akan  mewacanakan untuk penambahan daerah pemilihan (Dapil). Hal itu dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat dalam proses penyelenggaraan pemilihan umum. Adapun jumlah daerah pemilihan yang direncanakan penambahan itu sebanyak 1 Dapil lagi.\"Penambahan Dapil menjadi 4 menjadi rencana yang akan ditindak lanjuti KPU,\" katanya.

Ditambahkannya pada pemilu tahun 2009 lalu ada 3 dapil yakni Dapil 1 dengan wilayahnya mencakup Kecamatan Kota Manna dan Pasar Manna. Dapil II meliputi Kecamatan  Pino, Kecamatan Pino Raya, dan Kecamatan Ulu Manna serta Dapil III meliputi Kecamatan Manna, Seginim, Air Nipis, Bunga Mas, kedurang Ilir dan Kedurang.

Sedangkan untuk penambahan 1 dapil lagi yakni dengan melakukan pemecahan pada dapil tiga menjadi dua dapil yakni Kecamatan Kedurang, Kecamatan Kedurang Ilir dan Kecamatan Bunga Mas. Satu Dapil serta untuk satu dapil lagi yakni Kecamatan Seginim, Manna dan Air Nipis menjadi Dapil IV. Adanya pemecahan dapil  III ini , maka untuk jumlah kursinya tinggal 4 kursi sedangkan untuk Dapil IV jumlah kursi yang ada dilegistalatif sebanyak 7 kursi.

\" Jika disetujui Dapil III dipecah menjadi dua dapil, maka porsi Dapil III yang selama ini ada 11 kursi tinggal 4 kursi lagi sisanya 7 kursi menjadi wilayah Dapil IV,\" imbuhnya, Selain mewacanakan untuk melakukan penambahan daerah pemilihan, Pihaknya juga merencanakan opsi lainnnya yakni dengan adanya pengurangan jumlah kursi pada satu dapil yakni  pada dapil II yang  sebelumnya ada 7 kursi akan berkurang 1 kursi menjadi 6 kursi.Sedangkan untuk dapil I wilayah Kota Manna dan Pasar Manna akan  bertambah satu kursi menjadi 8 kursi dari sebelumnya hanya 7 kursi. Sedangkan untuk Dapil III tetap 11 kursi.

Lebih lanjut dikatakannya adanya penambahan  ataupun pengurangan jumlah alokasi kursi di DPRD berdasarkan jumlah penduduk yang disampaikan oleh dinas Dukcapil. Pasalnya saat ini jumlah penduduk sebanyak 170.522 jiwa dengan jumlah kursi 25 kursi. Dari jumlah 170.522 jiwa itu dibagi jumlah kursi. Dengan begitu untuk satu kursinya mewakili 6.820 Jiwa.Oleh karena itu  dengan jumlah penduduk untuk dapil satu sebanyak 52.374 jiwa, Maka jika dibagi 6.820 jiwa jumlah kursinya menjadi 8 kursi.

Sedangkan untuk Dapil II yakni Kecamatan Pino Raya, Pino dan Ulu Manna yang jumlah penduduknya sebanyak 42.239 maka alokasi kursinya hanya sebanyak 6 kursi. Sedangkan untuk Dapil III yang meliputi kecamatan Manna, Seginim, Air Nipis, Bunga Mas, Kedurang Ilir dan  Kedurang dengan jumlah penduduk sebanyak 75. 909 jiwa, maka jumlah kursinya tetap sebanyak 11 kursi.

\"Karena wilayah kecamatan Pasar manna dan Kota Manna jumlah penduduknya bertambah. Sedangkan untuk kecamatan Pino Raya, Pino dan Ulu Manna tidak bertambah jadi dengan pembagian jumlah kursi itu maka Dapil I bertambah 1 kursi dan sebaliknya dapil II berkurang 1 kursi,\" ucapnya.

Hanya saja, penambahan Dapil ataupun pengurangan kursi untuk  dapil II itu belum final dan itu masih sebatas wacana.Akan tetapi dari dua opsi itu harus ada salah satu opsi yang akan digunakan pada Pemilu 2014 mendatang yakni apakah dengan penambahan dapil atau pengurangan jumlah kursi pada Dapil II.

Untuk itu akan dimusyawahkan pada Selasa (26/2) mendatang.Dengan begitu pihaknya akan mengundang semua partai politik peserta pemilu 2014, tokoh masyarakat, ormas dan OKP untuk datang ke KPU.Sehingga pada pertemuan itu nanti akan diketahui apa yang menjadi saran, pendapat ataupun masukan dari semua lapisan masyarakat.

\"Untuk memfinalkan rencana penggunaan 1 opsi dari 2 opsi yang kami tawarkan. Kami akan minta masukan, saran dan pendapat dari semua pihak sehingga ada kesepakatan dan tidak ada konflik  di kemudian hari,\" terangnya.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: