Walikota Serahkan SK Guru Honorer dan 4.000 Beasiswa

Walikota Serahkan SK Guru Honorer dan 4.000 Beasiswa

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Walikota Bengkulu Helmi Hasan SE menyerahkan buku tabungan Bantuan Siswa Miskin (BSM) pada 4.000 siswa kurang mampu dan Surat Keputusan (SK) guru honorer kategori II (K2) secara simbolis, bersamaan HUT Hari Guru Nasional, di Pemda kota Bengkulu, disaksikan dihadiri 3000 an guru se-kota Bengkulu, Camat, Lurah dan OPD. Tampak raut wajah bahagia terpancar dari seluruh guru honorer, atas diberikanya SK pengangkatan honorer yang sekaligus sebagai salah satu pengakuan atas keberadaan para guru honor tersebut.

\"Kesuksesan dan meningkatnya kualitas pendidikan tidak terlepas dari peran serta guru honorer untuk mendidik para siswa dengan penuh kesabaran dan tanggungjawab,\" ungkap Walikota Helmi Hasan.

Ia juga berjanji pemberian SK guru honorer akan dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya, \" Kalau tahun ini SK diberikan pada mereka yang mengabdi diatas 10 tahun, tahun depan bisa dibawah 10 tahun hingga satu tahun jadi guru honorer, \" cetusnya.

Pemberian SK ini adalah bentuk perhatian pemerintah dan saya yakin itu akan sangat berguna dan besaranya sesuai dengan UMR, tambahnya. Menurut Helmi, apa yang diberikan pemerintah kota Bengkulu belum sebanding dengan pengabdian yang telah dilakukan. \" Yang bisa membalasa kebaikana para guru adalah Allah, bayangkan saja dari yang tidak bisa membaca diajari bisa membaca, berhitung dan sebagainya, \" katanya.

Dia mengingatkan pada guru yang digugu dan ditiru, serta mampu menjalin keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah. Jikapun ada masalah dalam rumah tangga, diimbau untuk tidak bercerai, pemerintah bersedia dan hadir memfasilitasi.

Walikota juga mengimbau agar seluruh guru mendukung program pemerintah kota Bengkulu untuk mewujudkan Bengkulu religius. Pada kesempatan itu, Helmi Hasan memberikan kesempatan pada guru yang telah hafal hadist.

Pemerintah kota akan mengapresiasi mereka yang telah menghafal hadist, bahkan ditargetkan seluruh warga kota bisa hafal hadist. Wali kota Helmi Hasan juga menyingung penyaluran BSM dan SK guru honorer bertujuan untuk meringankan beban biaya operasional siswa tingkat SD, SMP di kota Bengkulu untuk mendorong anak mendapat pendidikan yang layak.

Disisi lain Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM sebanyak 48 SK guru honorer telah diserahkan. menuturkan anggaran Bantuan Siswa Miskin tahun 2019 mencapai Rp 2,4 M anggaran tersebut mengalami rasionalisasi, sehingga mengalami pengurangan hampir setengahnya dari anggaran tahun 2018 lalu Rp 4,6 M. Berakibat pemangkasan kuota penerima bagi siswa kurang mampu tersebut. \"Beasiswa yang diserahkan tahun ini diperuntukanbagi 4 ribu siswa, rincian 3.110 siswa tingkat SD, dan 900 siswa tingkat SMP. Jumlah penerima BSM tahun ini menurun 2.796 dari tahun lalu, tahun lalu tingkat SD sebanyak 5.406 siswa tahun ini hanya 3.110 penerima dan SMP dari 1.400 siswa turun jadi 900 penerima, \" cetusnya.

Sesuai dengan data penerima BSM yang telah di SK kan oleh wali kota untuk selajutnya di distribusikan melalui tabungan pelajar. Besaran beasiswa untuk tingkat SMP Rp 750 ribu/anak/tahun dan tingkat SD sebesar Rp 500 ribu/anak/tahun. \"Saya harap bantuan ini bisa membantu orang tua dalam membantu biaya pendidikan anaknya,\" pintanya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: