Pilkades Dipastikan Setelah Pilkada

Pilkades Dipastikan Setelah Pilkada

\"\"BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dipastikan akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang, bahkan sejumlah anggaran sudah disiapkan untuk kegiatan yang akan dilangsungkan pada 117 desa yang ada di Kabupaten Kaur itu. Namun sayangnya untuk menggelar Pilkades sebelum dilakukan Pilkada 23 September 2020 sepertinya sulit dilaksanakan. Hal ini mengingat butuhnya proses panjang untuk menyelenggarakan tahapan-tahapan Pilkades sesuai dengan yang diharapkan.

“Kalau Pilkades sebelum Pilkada sulit kita gelar dan kita pastikan pelaksanaan Pilkades itu setelah Pilkada nanti,” kata Sekda Kaur, H Nandar Munadi MSi kepada BE, kemarin (16/12).

Dikatakan Sekda, dari hasil rapat yang digelar oleh pihaknya berasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaur beberapa hari yang lalu, memang demikian. Sebab untuk menyelenggarakan Pilkades hingga tahapan pemilihan dan pelantikan membutuhkan proses yang panjang.“Ini bukan soal maju mundurnya, namun tahapan Pilkades itu bila tak diatur akan terjadi tabrakan dengan tahapan Pilkada, dan tidak mungkin tahapan Pilkada kita mundurkan,” terangnya.

Ditambahkannya, dengan demikian tentu hal ini tak mengganggu aktifitas yang ada di desa masing-masing. Hanya saja untuk memulai pemilihan kades atau pencoblosan cakades tentu butuh proses yang panjangmulai dari pendaftaran, pemeriksaan berkas hingga tahapan tahapan lain yang perlu dilewati sebelum hari pencoblosan hingga masa pelantikan. Namun demikian pelaksanaan Pilkades tetap akan dilakukan di tahun 2020 mendatang.

“Pilkades tetap dilaksanankan di tahun 2020 nanti, terkait dengan Pilkades yang habis masa kerja 2021 apakah diserentakkan atau tidak ini akan dibahas nanti lebih lanjut,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, ada 117 desa yang akan digelar Pilkades, hal ini lantaran jabatan Kadesnya sudah berakhir dan saat ini sudah diduduki oleh Pjs yang merupakan ASN yang ditunjuk untuk menduduki posisi itu. Hanya saja meski demikian Pilkades meski dilakukan tahun 2020 mendatang mengingat tahun ini tidak dialokasikan dana untuk Pilkades. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: