BPBD Usulkan Bantuan ke BNPB

BPBD Usulkan Bantuan ke BNPB

Lebong, bengkuluekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, kembali mengusulkan bantuan peralatan dan logistik ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk mendukung ketika terjadi bencana di Kabupaten Lebong. Adapun usulan bantuan yang disampaikan ke BNPB sebanyak 15 item, mulai dari alat berat jenis bachoe loader, dump truck, ambulance, tenda pengungsi, tempat tidur darurat hingga bantuan makanan dan minuman.

Kepala BPBD Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi SSos MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, Tantawi SP mengatakan, Kabupaten Lebong merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Bengkulu rawan bencana, baik itu tanah longsor, banjir hingga angin putting beliung.

“Untuk longsor sendiri setidaknya ada 93 titik yang ada di Kabupaten Lebong, mulai dari kawasan Kecamatan Lebong Atas hingga Rimbo Pengadang,” jelasnya, kkemarin (16/12).

Untuk itulah, kebutuhan peralatan penunjang untuk membantu ketika terjadinya bencana alam, memang sangat dibutuhkan untuk Kabupaten Lebong. Salah satunya alat berat yang dibutuhkan ketika terjadi musibah tanah longsor maupun banjir. “Ketika ada musibah dan membutuhkan alat berat, kita masih meminta bantuan dengan pihak swasta maupun OPD terkait,” sampainya.

Sementara untuk usulan pembelian alat berat dan perlengakapan lainnya seperti Dump Truck sudah disulkan pada Anggaran Penapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong tahun 2020, dengan rincian pembelian alat berat sebesar Rp 1,8 miliar dan sisahnya sebesar Rp 500 juta untuk pembelian dump truck. “Akan tetapi usulan yang telah kita ajukan belum terealisasi,” ucapnya.

Hal tersebut dikarenakan, saat ini Kabupaten Lebong sedang mengalami keterbatasan anggaran. Selain itu anggaran yang ada banyak dipergunakan untuk pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebong tahun 2020 mendatang. “Sementara kita memang membutuhkan alat-alat tersebut,” ujarnya.

Untuk itulah, pihaknya saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari BNPB, atas usulan yang sebelumnyat elah disampaikan oleh pihaknya untuk bantuan alat berat, mobil dump truck dan perlengkapan lainnya dalam penanganan bencana alam. “Kita tinggal menunggu dari BNPB lagi, apakah usulan yang kita sampaikan diakomodir atau tidak dan kita berharap usulan kita bsia diakomodir,” harapnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: