Api Abadi Porwil Dinyalakan

Api Abadi Porwil Dinyalakan

Pembukaan Bakal Meriah, Hadirkan Virzha dan  Citra Scholasticks

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Diambil dari sumber api di Closter A PT Pertamina Geothermal Energi (PT PGE) Hulu Lais Kabupaten Lebong, api obor Pekan Olahraga Wilayah(Porwil) ke X Sumatera diarak para atlet menuju Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah dan berakhir di Kota Bengkulu. Sebanyak 16 orang atlet langsung membawa api menuju logistic yard Ghethrmal Hulu Lais (dengan jarak lebih kurang 2 kilometer dari pusat api).

Pj Sekda Prov Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebong, PT PGE Hulu Lais serta masyarakat Kabupaten Lebong yang telah sama-sama mensukseskan pengambilan api untuk pelaksanaan Porwil ke X Sumatera diselenggarakan di Provinsi Bengkulu. “Saya mewakili Pemprov Bengkulu mengucapkan banyak terima kasih,” jelasnya, kemarin (31/10).

Dengan diambilnya api dari sumbernya langsung, diharapkan dapat memberikan penerangan atau sinar sehingga pelaksanaan Porwil X Sumatera di Provinsi Bengkulu bisa bersinar dan tidak akan mati-mati. “Api ini adalah api abadi dan tidak akan mati-mati, maka apinya akan mati jika nanti porwil mati (tidak diadakan lagi),”ucapnya.

Ditambahkan Hamka, dalam pelaksanaan Porwil ke X Sumatera 2019 dilaksanakan di Provinsi Bengkulu ada 3 hal yang ditargetkan yaitu pertama bisa mensukseskan menjadi tuan rumah yang baik. Untuk itulah diharapkan kepada semua masyarakat Provinsi Bengkulu dan seluruh lapisan agar bisa mensukseskannya secara bersama-sama. “Karena tanpa adanya kerjasama, maka Porwil ini tidak akan sukses,” ajaknya.

Selanjutnya target yang kedua yaitu Provinsi Bengkulu bisa sukses prestasi. Dimana selama ini sejak diselengarakannya Porwil, belum pernah rasanya Bengkulu mencapai urutan 7 besar dari 10 Provinsi yang ada di pulau Sumatra. Selama ini Bengkulu selalu menjadi juru kunci atau nomor 9 dari 10 Provinsi. “Mudah-mudahan ketika menjadi tuan rumah, minimal Bengkulu bisa menjadi peringkat ke-6,” harapnya.

Sementara itu, Assisten I Setkab Lebong Jafri SSos, mengatakan bahwa pengambilan api untuk pelaksanaan Porwil Sumatera di Kabupaten Lebong, merupakan salah satu penghargaan yangs angat besar bagi Lebong. “Ini akan menjadi sejarah bagi Kabupaten Lebong,” ucapnya.

Untuk itulah, dirinya berharap setelah diambilnya sumber api dalam pelaksanaan Porwil ke x Sumatera di Kabupaten Lebong, nantinya Lebong akan lebih terangkat dikenal lagi oleh masyarakat, terkhusus di Sumatera ini. “Sumber api diambil dari Lebong dan ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan,” singkatnya

Hadirkan Virzha dan Citra Scholasticks

Opening Ceremony Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera di Lapangan Stadion Semarak Sawah Lebar Kota Bengkulu, Sabtu (2/10) malam akan berlangsung meriah. Pasalnya dua artis Ibukota, Virzha dan Citra Scholasticks akan hadir dalam event olahraga terbesar di Sumatera ini. Ketua Pengurus Besar Porwil, Kolonel Inf Dwi wahyudi mengatakan, Opening Ceremony Porwil di Bengkulu akan digelar dengan cukup meriah.Bahkan diperkirakan lebih meriah dibandingkan Porwil ke-IX 2015 di Provinsi Bangka Belitung.

\"Porwil di Bengkulu ini akan berlangsung meriah karena kita hadirkan dua artis ibukota yang akan mengguncang Bengkulu dengan beberapa lagu andalannya,\" kata Dwi.

Dua artis Ibukota yang akan hadir di Bengkulu tersebut yakni Virzha dan Citra Scholasticks. Dimana keduanya akan berduet serta membawakan lagu andalan masing-masing seperti Janji, Tentang Rindu, Sertamu dan lainnya. \"Kita harapkan kehadiran mereka berdua bisa membuat Opening Ceremony Porwil semakin meriah,\" tuturnya.Tidak hanya itu, Opening Ceremony Porwil 2019 ini nantinya juga akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menpora RI, Zainudin Amali dan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Sehingga akan membuat upacara pembukaan lebih afdol dan bermakna.\"Nanti juga dijadwalkan akan hadir Menpora RI dan beliau akan membuka Porwil ini,\" ungkapnya.

Selain dibuka oleh Menpora RI, Opening Ceremony Porwil ke-X juga akan disuguhkan dengan pertujukan budaya dari 10 Provinsi di Sumatera. Ditambah lagi pertujukan videotron dan kembang api juga akan membuat ribuan mata terpukau dibuatnya. \"Kita ingin Porwil pada tahun ini meriah dan memberikan semangat bagi para atlet yang akan bertanding,\" tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengaku, Opening Ceremony Porwil ke-X di Bengkulu akan berlangsung meriah dan diharapkan dapat memberikan semangat kepada para atlet yang akan bertanding. Disisi lain kemeriahan tersebut juga diharapkan sebagai salah satu bukti bahwa Bengkulu ingin menjadi tuan rumah yang baik.\"Kita ingin pelaksanaan Porwil ini bisa bermakna, dan dipandang baik oleh seluruh pihak yang hadir di Bengkulu,\" tuturnya.

Hal tersebut dilakukan karena pada Porwil ini diikuti ribuan atlet dan dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai Provinsi. Sehingga sebagai tuan rumah penyelenggara diwajibkan harus mampu membuat tamu dari daerah lain dibuat betah dan meninggalkan kesan yang baik.

\"Ada ribuan bahwa puluhan ribu yang hadir, jadi kita akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik, begitu juga masyarakat Bengkulu diharapkan bisa bersikap ramah dan santun kepada tamu dari luar daerah,\" tutupnya.(999/614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: