Susilawati Gandeng Ruswan

Susilawati Gandeng Ruswan

CURUP, Bengkulu Ekspress- Meskipun saat ini masih dalam proses penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong masih berlangsung, namun pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Rejang Lebong mulai mengerucut.Salah satu pasangan calon yang telah menyatakan akan berpasangan dalam Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong adalah Hj Susilawati SE MM dan H Ruswan YS SSos MSi. Dalam Pilkada 2020 mendatang yang akan menjadi calon bupati adalah Susilawati dan Ruswan sebagai calon Wakil Bupati.

Adanya kepastian Susilawati menggandeng Ruswan YS dalam Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020 setelah keduanya secara bersama-sama mengembalikan berkas di DPC Hanura Rejang Lebong Minggu (20/10) malam. Selain bersama-sama menyampaikan berkas di DPC Hanura Rejang Lebong, keduanya juga pada Senin (21/10) pagi kemarin juga secara bersama-sama menyampaikan berkas di DPD Partai Nasdem Rejang Lebong.

\"Bila selama ini masyarakat bertanya-tanya siapa yang akan mendampingi saya dalam Pilkada serentak 2020, maka sore ini saya menyatakan yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil bupati adalah saudara Ruswan ini,\" sampai Susilawati usai menyerahkan berkas di DPC Hanura Rejang Lebong.

Menurut Susilawati dengan telah disampaikannya siapa yang akan mendampinginya dalam Pilkada serentak 2020, maka menurutnya masyarakat Kabupaten Rejang Lebong tidak bertanya-tanya lagi siapa yang akan mendampinginya. Di sisi lain ia juga mengungkapkan dengan telah ditetapkan siapa yang akan mendampinginya dalam Pilkada 2020 tersebut, juga menunjukkan keseriusannya untuk maju dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam kesempatan tersebut, Susilawati juga menegaskan bahwa dalam Pilkada serentak 2020 tersebut, ia memastikan ia bersama Ruswan hanya mempersiapkan diri melalui jalur partai, sehingga hingga kemarin ia belum mempersiapkan sama sekali untuk maju melalui jalur independen, meskipun sebelumnya sang suami H Suherman SE MM sempat terpilih menjadi Bupati Rejang Lebong melalui jalur independen.

\"Kita ingin membangun Rejang Lebong secara bersama-sama sehingga saat ini kita maju hanya melalui jalur partai, dan Hanura ini yang pertama kita kembalikan berkas dan mudah-mudahan mendapat rekomendasi yang pertama juga,\" sampainya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Partai Hanura Rejang Lebong, Darhasan membenarkan dalam pengembalian formulir kemarin Hj Susilawati SE MM memang sudah menyatakan ia berpasangan dengan Ruswan sebagai calon wakil bupati. Hal tersebut menurut Darhasan tidak menjadi masalah karena memang keduanya sama-sama telah mengambil formulir di DPC Hanura Rejang Lebong.

\"Ibu Sus memang sudah mengembalikan formulir sekaligus membawa calon wakil bupati, dan itu tidak menjadi masalah karena kedua-duanya sama-sama sudah mengambil formulir di DPC Hanura,\" sampai Darhasan.

Di bagian lain, panitia seleksi dari DPD Nasdem Rejang Lebong, Sopian Junaidi mengungkapkan, Susilawati dan Ruswan merupakan calon bupati dan wakil bupati yang mengembalikan berkas pertama di DPD Nasdem Rejang Lebong. Bahkan menurutnya keduanya juga merupakan pasangan yang akan maju dalam Pilkada serentak 2020. \"Ibu Susilawati dan Pak Ruswan ini merupakan yang pertama mengembalikan berkas di DPD Nasdem Rejang Lebong,\" sampai Sopian.

Sementara itu, untuk pendaftar sendiri, menurut Sopian, jumlah calon bupati dan wakil bupati Rejang Lebong yang mengambil formulir di DPD Nasdem Rejang Lebong mencapai 10 orang. Untuk diketahui dalam dunia perpolitikan di Kabupaten Rejang Lebong nama Susilawati dan Ruswan YS tidak asing lagi bagi masyarakat Rejang Lebong.

Seperti yang diketahui Susilawati merupakan istri dari Bupati Rejang Lebong dua priode yaitu 2005-2010 dan 2010-2015. Susilawati maju dalam Pilkada 2020 atas permintaan masyarakat Rejang Lebong untuk melanjutkan program-program pembangunan yang dilakukan suaminya terutama pembangunan jalan dan irigasi yang menyentuh langsung dengan masyarakat.

Sementara itu, H Ruswan YS SSos MSi merupakan politikus sekaligus tokoh masyarakat Lembak. Dalam dunia perpolitikan di Kabupaten Rejang Lebong, Ruswan yang merupakan warga Kelurahan Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi sempat menjadi anggota DPRD Rejang Lebong dua periode yaitu periode 2000-2004 dan 2004-2009 serta menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu selama dua tahun yaitu 2017-2019. Sebelum menjadi wakil rakyat di DPRD Rejang Lebong maupun DPRD Provinsi Bengkulu, Ruswan juga sempat menjabat sebagai Kepala Desa Beringin Tiga selama 10 tahun yaitu dari tahun 1989 hingga tahun 2000. (251/krn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: