Penduduk Lebong Berkurang 5.781 Jiwa

Penduduk Lebong Berkurang 5.781 Jiwa

\"\"LEBONG, Bengkulu Ekspress – Jumlah penduduk Kabupaten Lebong pada tahun 2019 ini, berkurang sebanyak 5.781 jiwa dari tahun 2018 yang lalu. Karena tahun 2019 ini, jumlah penduduk Kabupaten Lebong sebanyak 107.199 jiwa, sementara di tahun 2018 sebnayak 112.900 jiwa.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong, Elva Mardiana SIP MSI mengatakan, bahwa pemutakhiran data yang dilakukan bertujuan untuk melihat data yang tidak aktif atau penduduk yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) serta masih ada perubahan atau kekurangan data. Selain itu, adanya data ganda baik nama, tempat tanggal lahir, alamat serta anomali data.

“Dari pemutakhiran yang kita lakukan, maka didapati pengurangan jumlah penduduk Lebong,” jelasnya, kemarin (04/09).

Ditambahkan Elva, untuk pemutakhiran data jumlah penduduk Kabupaten Lebong akan terus dilakukan oleh pihaknya. Sehingga setiap semester laporan, apakah jumlah penduduk Lebong mengalami penambahan atau mengalami pengurangan.“Dipastikan penduduk di Kabupaten Lebong setiap harinya ada yang meninggal dunia dan ada yang lahir,” sampainya.

Untuk itulah, Elva berharap, pemerintah desa dan kelurahan dapat bekerja sama melakukan pendataan serta pelaporan warganya yang meninggal dunia ataupun yang lahir. Karena data yang didapat akan berpengaruh dengan administrasi kependudukan.“Jadi kita sangat harapkan adanya kerjasama, karena hal tersebut untuk tertibnya adminduk Lebong,” tutupnya.

Data tersebut didapati setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong selesai melakukan pemutahiran data jumlah penduduk dari semester II tahun 2018 dengan semester I tahun 2019. Dimana pemutakhiran data penduduk sendiri dilakukan setelah bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan di 12 Kecamatan Kabupaten Lebong. Pengurangan jumlah penduduk banyak ditemukan di Kecamatan Bingin Kuning dengan jumlah 1.116 jiwa. Kecamatan Lebong Atas dengan pengurangan sebanyak 1.039 jiwa. Kecamatan Rimbo Pengadang jumlah pengurangan sebanyak 867 jiwa.

Kecamatan Lebong Sakti dengan jumlah pengurangan sebanyak 734 jiwa, Kecamatan Lebong Utara sebanyak 500 jiwa, Kecamatan Uram Jaya sebanyak 348 jiwa. Kemudian Kecamatan Topos dengan pengursangan sebanyak 345 jiwa, Kecamatan Amen sebanyak 291 jiwa, Kecamatan Plabai sebanyak 256 jiwa, Kecamatan Pinang Belapis sebanyak 222 jiwa, Kecamatan Lebong Tengah berkurang sebanyak 118 jiwa dan Kecamatan Lebong Selatan 55 jiwa.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: