PDAM Bakal Naikkan Tarif

PDAM Bakal Naikkan Tarif

CURUP, Bengkulu Ekspress - Guna menutupi masalah biaya produksi yang lebih besar dari pendapatan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Rejang Lebong berencana menaikkan tarif air bersih di Kabupaten Rejang Lebong. \"Selama ini biaya produksi kita masih lebih tinggi dari pendapatan, sehingga kita berencana menaikkan tarif,\" sampai Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, Orin Retnowati ST MT.

Manajemen PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong berencana menaikkan tarif air bersih karena selama ini harga jual air bersih yang diberikan PDAM Tirta Dharma kepada para pelanggannya masih sangat murah yaitu hanya sebesar Rp 1.150 per kubik.

Harga air bersih yang dijual PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong tersebut, menurut Orin juga masih jauh lebih rendah dari tarif berdasarkan Cost Recovery atau FCR yaitu sebesar Rp 4 ribu per kubik. \"Rencana kenaikan yang akan kita lakukan yaitu setengah dari FCR yaitu sekitar Rp 2 ribu per kubik,\" tambah Orin.

Lebih lanjut Orin mengungkapkan, rencana kenaikan tarif air bersih PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong tersebut selain untuk menutupi tingginya biaya operasional juga untuk mengembangkan pelayanan dari PDAM Tirta Dharm Rejang Lebong serta bisa memberikan pendapatan bagi perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut.

Terkait dengan rencana kenaikan tarif sendiri, Orin mengaku tidak akan memberatkan para pelanggan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, karena dari pendataan yang mereka lakukan, dalam sebulannya pemakaian air bersih para pelanggan PDAM Tirta Dharma sekitar 19 kubik, dengan jumlah tersebut dengan tarif yang lama satu bulan pelanggan hanya membayar sekitar Rp 21.800, kemudian saat naik nanti akan membayar sebesar Rp 38 ribu.

Dalam kesempatan tersebut, Orin juga mengungkapkan kenaikan tarif PDAM Tirta Dharma tersebut hanya akan mereka berlakukan untuk pelanggan rumah tangga dan pelaku usaha, sedangkan untuk pelanggan sosial tarifnya masih ditetapkan Rp 900 per kubik.

Di sisi lain, Orin mengungkapkan saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong baru sekitar 30 persen dari jumlah penduduk Rejang Lebong, dimana jumlah pelanggan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong saat ini sebnayak 13.058 pelanggan. Jumlah tersebut, menurut Orin tentunya jauh dari target nasionla yaitu 80 persen dari jumlah penduduk.

\"Selain menaikkan tarif, kita juga terus menargetkan penambahan pelanggan baru khususnya di 14 kecamatan yang sudah memiliki jaringan PDAM, karena saat ini masih ada satu kecamatan yang belum memiliki jaringan PDAM yaitu Kecamatan Sindang Dataran,\" sampainya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: