Harga Sawit Turun

Harga Sawit Turun

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat berharap perekonomian semakin membaik menjelang hari raya Idul fitri 2019 mendatang. Namun pada hari pertama bulan Ramadan, harga tandan buah (TBS) kelapa sawit yang merupakan komoditi andalan masyarakat di daerah tersebut,mengalami penurunan. Belasan pabrik yang ada beroperasi di daerah tersebut,membeli tbs petani dengan harga tertinggi Rp 1.130 perkilogram.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono, SSTP melalui Kabid Perkebunan, Eri Siagian SHut membenarkan harag beli TBS ditingkat pabrik mnegalami penurunan. Ini dikarekanan beberapa faktor,salah satunya dipengaruhi dengan harga CPO dunia.

”Hari ini (kemarin),pabrik membeli TBS petani ditingkat pabrik tertinggi Rp 1.130 dan terendah Rp 1.000 perkilogram,”bebernya.

PT Sapta, membeli tbs petani Rp 1.000 perkilogram, PT KSM Rp 1.020, PT MMIL Rp 1.020, PT S3 Rp 1.020, PT KAS Rp 1.020, PT DDP Rp 1.090,PT BMK Rp 1.120,PT GSS Rp 1.110, PT SAP sebesar Rp 1.050 dan PT USM sebesar Rp 1.130 perkilogram.Ia memprediksi,harga pembelian buah sawit di daerah ini masih berpeluang turun. Pihaknya mengaku tidak mengetahui penyebab pastinya.

Namun berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari pihak perusahaan, penyebab anjloknya harga buah sawit karena turunnya harga penjualan minyak mentah atau CPO dan terjadinya penumpukan buah di perusahaan.“Kami hanya sebatas melakukan pengawasan di daerah dan melaporkan ke Pemprov Bengkulu. Terutama mengenai harga buah sawit petani yang dibeli pabrik-pabrik di daerah ini,” ungkap Eri.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: