8.000 KIA Belum Dicetak

8.000 KIA Belum Dicetak

Dukcapil Kekurangan Mesin dan Operator

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kesulitan dalam mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) karena kurangnya mesin dan tenaga kerja.

Dampaknya, 8000 berkas pendaftar yang sudah siap cetak atau Print Record Ready (PRR) belum Bengkulu Ekspress, kemarin (5/3).

\"Ini disebabkan banyaknya pendaftar pembuatan KIA sehingga Disdukcapil Bengkulu Utara harus bekerja keras, dimana saat ini sudah ada 8.000 berkas pendaftaran yang belum dicetak karena terkendala tenaga pekerja dan mesin pencetakan,\" kata Juhirjo.

Ia menambahkan untuk saat ini, Disdukcapil Bengkulu Utara baru mencetak sekitar 1.800 keping KIA dengan target tahun 2019 ini sebanyak 23.000. Pihaknya optimis dari target yang ditentukan akan tercapai karena baru 3 bulan tahun 2019 ini sudah ada sekitar 9.800 keping yang sudah masuk.

\"Sejauh ini kita baru cetak sebanyak 1.800 keping KIA,\" ujarnya.

Juhirjo menuturkan, untuk mengantisipasi keterlambatan pencetakan, pihaknya akan menambah satu unit mesin cetak lagi dengan cara mengkondisikan mesin cetak e-KTP yang saat ini ada tiga unit.

Dengan begitu, berkas pendaftar yang telah masuk bisa segera di cetak. \"Diharapkan dengan ada tambahan 1 unit lagi untuk proses pencetakan bisa lebih cepat sehingga antrean jadi tidak terlalu lama,\" tukasnya.(127)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: