Ajak Pemilih Pemula Mencoblos

Ajak Pemilih Pemula Mencoblos

KPU Benteng Sukses Gelar Pentas Seni dan Lomba Kirab

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) gencar melakukan sosialisasi ajakan mencoblos pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Terutama kepada pemilih pemula yang baru pertama kali menggunakan hak suara pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 ini.

\"Kami berharap seluruh masyarakat bisa berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu. Pemilih pemula yang sebagian besar merupakan kelompok pelajar juga harus mengambil peran,\" kata Komisioner KPU Kabupaten Benteng Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Ir H Mulyadi saat membuka acara konser musik dan lomba kirab pelajar tingkat SMA se-Kabupaten Benteng, Minggu (3/3).

Dikatakan Mulyadi, KPU Kabupaten Benteng telah melakukan sosialisasi di setiap kesempatan dan seluruh elemen masyarakat. \"Konser musik dan kirab pelajar merupakan salah satu trik yang dilakukan KPU untuk memberikan pendidikan politik mengenai pentingnya pemilu. Sasaran utamanya adalah kepada kelompok pemilih pemula. Sehingga, angka partisipasi bisa mengalami peningkatan,\" tambah Mulyadi.

Senada disampaikan, Komisioner KPU Kabupaten Benteng, Meiki Helmansyah SPd mengungkapkan hal yang sama. Sosialisasi tentang tahapan dan teknis pengelenggaraan pemilu merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) KPU sebagai penyelenggara pemilu. Dimulai dari waktu pelaksanaan pemilu hingga partai politik peserta pemilu beserta calon legislatif (caleg) yang diusung. Baik itu anggota DPRD Kabupaten, DPR Provinsi, DPR RI, DPD RI serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Pada setiap kesempatan, kata Meiki, pihaknya selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa menjadi pemilih cerdas. Sebelum menentukan pilihan, pemilih diharapkan bisa mengetahui secara keseluruhan mengenai figur, kepribadian, serta visi dan misi peserta pemilu.

Silahkan saja menggali informasi setiap calon legislatif (Caleg) sebelum menentukan pilihan. Baik itu melalui media televisi, radio ataupun media sosial (medsos) lainnya. \"Jadilah pemilih yang berkualitas dan profesional. Pilihlah pemimpin atau wakil rakyat yang siap memperjuangkan aspirasi dan berpihak pada rakyat. Terkhusus kepada pemilih pemula, gunakan akal sehat serta ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam menentukan pilihan,\" kata Meiki.

Pantauan Bengkulu Ekspress, pelaksanaan konser musik dan lomba kirab pelajar berlangsung sukses dan lancar dengan dibuka langsung oleh Komisioner KPU Benteng Divisi Teknis, Mulyadi. Hadir dalam acara, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko dan Siti Barorah, Wakil Bupati (Wabup) Benteng, Septi Peryadi STP, pimpinan dan pengurus partai politik (Parpol), Kapolsek Talang Empat dan personel TNI Koramil Talang Empat, Kepala Sekolah (Kepsek) serta pelajar SMA se-Kabupaten Benteng.

Selain lomba kirab, KPU juga menyiapkan kupon undian bertabur hadiah menarik bagi peserta dan masyarakat yang hadir. Untuk hadiah utama berupa 1 unit sepeda berhasil dibawa pulang oleh pelajar SMA N 1 Benteng, Riko Setiawan, warga Desa Tengah Padang, Kecamatan Talang Empat.

Untuk menghibur peserta, panitia juga menghadirkan band asli Bengkulu, Antermo Band. Meskipun hujan gerimis mengundang, seluruh peserta lomba dan penyelenggara pemilu tetap semangat dalam mengikuti perlombaan.Dari sejumlah sekolah yang berpartisipasi, tim penilai telah menetapkan 5 group (kelompok) pelajar sebagai pemenang (lihat grafis). Melalui kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Benteng, Septi Peryadi STP memberikan apresiasi kepada KPU yang telah gencar menggelar sosialiasi.

Disisi lain, Wabup juga mengingatkan agar masyarakat juga tak mudah terprovokasi dengan informasi hoak (palsu) tentang bertujuan untuk menjatuhkan peserta pemilu untuk kepentingan tertentu. \"Pemilih cerdas juga tak boleh percaya pada informasi hoak. Mari jaga kekompakan dan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April 2019. Satu suara menentukan nasib 5 tahun kedepan. Selain sukses dalam pelaksanaan, pemilu 2019 diharapkan juga sukses dalam memilih pemimpin yang berkualitas dan amanah,\" demikian Wabup.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: