Disperindagkop Latih Pelaku IKM

Disperindagkop Latih Pelaku IKM

Tingkatkan Kreatifitas Kerajinan Bambu

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar kegiatan pelatihan aneka kerajinan bambu kepada seluruh pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) se-Kabupaten Bengkulu tengah. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, yakni 28 Februari hingga 2 Maret 2019 di Balai Sindu, Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu tengah.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Bengkulu tengah, Hendrik Oktober didampingi Sekretaris, Hj Sri Yurdaniah SE MSi dan Kabid Perindustrian, Lusi Komariah SSos menjelaskan pelatihan aneka kerajinan bambu tersebut merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kreativitas masyarakat. Kegiatan serupa juga sudah pernah dilakukan sejak tahun 2018 lalu.

\"Agar mampu bersaing, pengrajin di Kabupaten Bengkulu tengah harus lebih kreatif dan inovatif. Baik dari tampilan warna, bentuk hingga harga yang ekonomis,\" jelas Hendrik.

Menurut Hendrik, kerajinan bambu merupakan produk unggulan di Kabupaten Bengkulu tengah, selain olahan jeruk kalamansi. Penunjukan bambu sebagai produk unggulan tentu bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah dengan melihat ketersediaan sumber bahan baku yang masih melimpah.

\"Hasil pendataan, Kabupaten Bengkulu tengah memiliki sebanyak 40 orang pengrajin bambu yang masih berproduktif. Kami harap ada peningkatan hasil karya setelah mengikuti pelatihan ini,\" harapnya.

Pelatihan ini dibuka Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bengkulu tengah, Dra Hj N Yuhannah MM dengan narasumber Kabid Perindustrian Disperindagkop dan UKM Provinsi Bengkulu, Hj Nurleila didampingi Kasi Industri, Endriati.

Setelah acara dibuka, para pengrajin langsung diberikan pelatihan mengenai berbagai karya atau produk yang bisa dibuat dari bambu.  Disperindakop Kabupaten Bengkulu tengah sengaja memanggil instruktur berkompeten, yakni pengrajin bambu asal Kabupaten Kepahiang, Abil, yang karya seninya telah dikenal ke kancah nasional.

Pada kesempatan itu, Kabid Perindustrian Disperindagkop dan UKM Provinsi Bengkulu, Hj Nurleila berharap agar peningkatan kreativitas bisa menjadi modal utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. \"Hasil kerajinan tangan dari bambu merupakan salah satu unggulan dari Provinsi Bengkulu, sebab itu, semua produk yang diciptakan masyarakat harus ditampilkan di anjungan milik Pemda Bengkulu tengah. Kerajinan bambu diharapkan mampu menjadi ikon dari Kabupaten Benteng,\" demikian Nurleila.(135/krn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: