25 Warga Seleksi Pendamping Kube

25 Warga Seleksi Pendamping Kube

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Sebanyak 25 warga Kaur berebut mengikuti seleksi tertulis dan wawancara sebagai calon pendamping Kelompok Usaha Bersama (Kube) tahun 2018 di wilayah Kabupaten Kaur, Rabu (19/12). Seleksi ini diselenggarakan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kaur di aula kantor Dinsos Kaur.

“Tes ini hanya kita lalukan satu hari yakni tes tulis dan wawancara langsung, dan dari 25 peserta ini nanti akan kita ambil lima orang saja,” kata Tim Seleksi dari Kemensos RI, Surya Wijaya MSi, saat memantau langsung pelaksanaan tes pendamping Kube, kemarin (19/12).

Dikatakannya, dalam tes ini para calon pendamping Kube diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara kerja pendamping agar dapat merangkul anggota Kube supaya berhasil dalam menjalankan usahanya. Juga pendamping nanti dituntut untuk menjadikan Kube ini sebagai lahan membuka lapangan kerja bagi masyarakat terutama yang para anggota Kube karena peran pendamping adalah antara lain perencanaan, pembimbing, pemberi informasi, motivasi, penghubung, fasilitator dan evaluator.

“Dalam tes ini ada sekitar 20 soal tertulis dan pilihan ganda, dan untuk hasil pengumannya nanti akan kita segera kita umumkan. Juga kita pastikan perekrutan pendamping Kube ini murni tanpa ada permainan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kaur H Sidarmin Tetap MPd, melalui Kabid Resos, Ilhamto Ssos menyampaikan, nanti untuk peserta yang lulus dalam seleksi ini nantinya akan di tempatkan di lokasi yang berbeda, sebelumnya telah ada beberapa orang pendamping Kube namun belum masih mengalami kekurangan tenaga mengingat Kabupaten Kaur memiliki wilayah yang cukup luas. Nantinya para pendamping Kube ini akan menangani pendampingan dengan fakir miskin di Kabupaten Kaur.

“Di sini kita hanya pelaksana saja, dan yang nentukan lulus tidaknya itu pihak Kemensos, dan yang pasti diambil nanti lima orang. Kita berharap kepada peserta yang lulus nanti dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi serta peran aktif dalam penanggulangan kemiskinan diwilayahnya masing-masing,” harapnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: