Dekat dengan Kota, Belum Tersentuh Pembangunan

Dekat dengan Kota, Belum Tersentuh Pembangunan

Mengunjungi Air Terjun PU di Curup Tengah

TEBING yang terjal ditambah dengan jalanan yang basah karena diguyur hujan pada Sabtu (3/11) malam menjadi rintangan sejumlah pengunjung objek wisata Air Terjun PU yang ada di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah.

Sejumlah pengunjung yang merupakan para pegawai KPP Pratama Curup harus ekstra hati-hati, bahkan

ada beberapa pengunjung yang terpeleset karena licinnya jalan menuju tebing dengan kedalam sekitar 100 meter. Sesekali para pengunjung harus jalan sambil duduk agar tidak tergelincir dan jatuh ke dalam jurang yang ada disisi kanan jalan menuju Air Tejun. Beberapa pengunjung juga memanfaatkan tanaman ditepi jalan untuk tempat berpegangan bahkan ada yang terpaksa mengambil akar-akar pohon untuk digunakan sebagai tali untuk berpegangan.

\"Memang dekat sih, karena masih ditengah kota, tapi kalau melihat kondisi seperti ini sama kayak jauh dari kota jalannya benar-benar ekstrim,\" celetuk Dimas salah satu pengunjung.

Dimas bersama rekan-rekannya baru pertama kali mendatangi air terjun yang hanya ditempuh sekitar 5 menit dari Pusat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Karena lokasi air terjun berada tak jauh dari pusat kota sehingga mereka tidak membawa perlengkapan apa-apa bahkan ada beberapa rekannya yang menggunakan sendal jepit, karena mereka mengira akses jalannya sudah memadai.

Setelah sekitar 15 menit menelusuri tebing dan ada beberapa pengunjung yang terjatuh sehingga celananya dihiasi oleh tanah, akhirnya mereka sampai juga didasar jurang yang yang terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter tersebut.

Rasa lelah setelah berjibaku menuruni tebing yang curam dan licin seketika sirna setelah menyaksikan air terjun yang air masih sangat jernih. Selain air terjun yang berasal dari aliran sungai disisi kiri dan kanan air terjun juga terdapat beberapa air terjun kecil yang keluar langsung dari perut bumi melalui celah bebatuan.

Setelah tiba dilokasi air terjun, para pengunjung langsung mandi dan berfoto-foto. Dilokasi Air Terjun ini para pengunjung langsung bisa mandi dibawah air terjun, karena airnya yang memang tak terlalu besar, kolam yang terbentuk dibawah air terjun juga tidak terlalu dalam yaitu hanya sedalam pinggang orang dewasa, sehingga sangat aman untuk berenang.

\"Air terjunnya bagus mas, masih asri dan alami, tapi sayang itu akses kesininya masih susah,\" sampai Makhfal salah satu pengunjunjung lainnya.

Menurut Makhfal, jika pemerintah Kabupaten Rejang Lebong memberikan sentuhan pembangunan di Air Terjun tersebut maka menurutnya tidak menutup kemungkinan air terjun tersebut akan menjadi destinasi wisata alternatif masyarakat Rejang Lebong.

Karena memang lokasi air terjunnya masih berada di Kota Curup yang letaknya tidak terlalu jauh. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, maka menurutnya tentunya akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Karena menurut Makhfal untuk akses parkir saja tidak ada, padahal dilokasi Air Terjun banyak lahan warga baik yang kosong maupun kebun kopi.

\"Lokasinya dekat, kalau aksesnya bagus pasti banyak masyarakat yang berkunjung kesini,\" sampai Makhfal.

Air Terjun PU sendiri, dinamakan para pengunjung karena lokasinya tak jauh dari komplek Perumahan PU di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah. Untuk menuju Lokasi ini para pengujung cukup menuju kawasan Perumahan PU atau ke Puskesmas Talang Rimbo Lama.

Disana para pengunjung bisa bertanya kepada masyarakat yang sudah mengetahui terkait dengan keberadaan air terjun yang masih sangat alami tersebut. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dan ingin kendaraan aman bisa memarkirkan dirumah-rumah warga, kemudian berjalan sekitar 200 meter menyusuri jalan aspal setelah itu masuk jalan setapak memasuki perkebunan warga untuk menuju lokasi Air Terjun PU.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: