Cetak Kartu Tes CPNS 4 Hari

Cetak Kartu Tes CPNS 4 Hari

\"CPNS\"7 Instansi Resmi Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 telah dilakukan banyak instansi pemerintahan dan pemerintah daerah.

Meski di sscn.bkn.go.id, belum bisa diakses, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 sebagian sudah bisa diakses melalui situs resmi instansi pemerintah daerah.

Instansi pemda di Bengkulu yang sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi hari hingga tadi malam di antaranya adalah Pemprov Bengkulu ( https://bengkuluprov.go.id/ ) Pemkab Mukomuko ( http://bkpsdm.mukomukokab.go.id ), Pemkab Kaur ( http://bkdpsdm.kaurkab.go.id/ ) Pemkab Rejang Lebong  ( http:www.rejanglebongkab.go.id/ ), Pemkab Lebong ( http://lebongkab.go.id/ ), ( bengkuluutarakab.go.id )

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan setelah pengumuman hasil seleksi administrasi diumumkan, tahap berikutnya adalah cetak kartu peserta ujian atau cetak nomor ujian di portal sscn.bkn.go.id. Seperti di Kemekumham, jadwal Cetak nomor ujian instansi tersebut dilaksanakan pada 22 Oktober sampai 25 Oktober 2018. Bagi pelamar dengan kriteria penyandang disabilitas akan dilaksanakan verifikasi dokumen asli dan pemberian kartu peserta ujian peserta disabilitas, pada 22 Oktober dan 23 Oktober 2018.

Kartu ini nantinya dipakai saat para pelamar mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test atau CAT BKN. Tes SKD terdiri dari tiga jenis materi utama yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

\"Jumlah total tes SKD sebanyak 100 butir soal terdiri dari 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Masing-masing soal untuk TWK dan TIU memiliki bobot 5 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban yang salah. Sedangkan untuk TKP memiliki bobot nilai 1-5,\" jelasnya.

Menurut BKN, ambang batas atau passing grade Formasi Umum adalah 75 poin TWK, 80 poin TIU, dan 143 TKP. Atau setidaknya peserta tes menjawab dengan benar 15 soal TWK, 16 soal TIU dan 29 soal TKP yang berbobot 5.

\"Peserta yang dinyatakan lolos tes SKD berhak mengisi formasi yang ditawarkan oleh instansi,\" katanya.

Pemkab Mukomuko juga telah resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS Kabupaten Mukomuko tahun 2018 secara resmi. Bagi peserta yang dinyatakan lolos dapat melakukan pencetakan kartu ujian pada laman http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 21 hingga 25 Oktober 2018. Artinya akan memakan waktu selama sekitar 4 hari.

”Calon peserta CPNS yang lulus seleksi administrasi, silakan langsung mencetak kartu ujiannya dan dapat mengikuti tahapan berikutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD),”ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko, Jawoto SE SPd MPd.

Untuk jadwal dan lokasi pelaksanaan SKD akan diberitahukan lebih lanjut melalui website bkpsdm.mukomukokab.go.id dan akan diumumkan di papan pengumuman BKPSDM Kabupaten Mukomuko. “Kita imbau calon peserta CPNS untuk selalu mengikuti ataupun mengakses informasi, baik itu melalui media, website maupun langsung datang ke Kantor BKPSDM,”katanya.

Jawoto menyampaikan, para pencari kerja dan mendaftar sebanyak 4.927 orang. Dengan rincian Tenaga Guru 2.776 orang,Tenaga Kesehatan 1.441,Tenaga Teknis 706 dan Tenaga eks Honorer K2 4 orang yang mendaftar. Hasil dari verifikasi, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 4.650 orang dan tidak lulus selsksi administrasi sebanyak 277 orang. Ratusan pelamar yang dinyatakan TMS itu sudah dipastikan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Berbagai kesalahan yang dilakukan pelamar ketika mendaftar.

Diantaranya file ijazah dan transkip nilai fotocopy sedangkan sesuai pengumuman harus yang asli, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan pendidikan yang di lamar, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tidak mencukupi sesuai yang telah ditetapkan, tidak sesuai jurusan yang di lamar dan kesalahan lainnya. Sementara itu, untuk pelaksanaan tes hampir di pastikan di Kabupaten Mukomuko. Hal tersebut selain ada edaran dari Kemenpan dan RB.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kemendikbud, bahwa pelaksanaan tes CPNS akan menggunakan fasilitas milik Negara. Khusus di Kabupaten Mukomuko ada fasilitas sekitar 275 unit lebih, dan tengah dilakukan pendataan lebih lanjut. Termasuk untuk kepastian jaringan internet dan lainnya.

“Direncanakan pelaksanaan tes di satu lokasi, yakni di SMPN 03 Mukomuko. Dan nantinya peserta akan di bagi beberapa sheet serta di perkirakan pelaksanaan tesnya akan selesai lima atau tujuh hari,”lanjut Jawoto.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: