Penguasaan SDA jadi Ancaman

Penguasaan SDA jadi Ancaman

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Persoalan ancaman penguasaan sumber daya alam (SDA), selisih antar suku, ras dan golongan serta bencana alam jadi ancaman gangguan keamanan bagi Kabupaten Kepahiang. Kondisi tersebut menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

Diungkapkan Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid, pihaknya bersama-sama masyarakat memiliki kewajiban mencegah tumbuhnya ancaman gangguan keamanan tersebut, agar tidak berkembang hingga menimbulkan permasalahan.

\"Bukan hanya aparat yang wajib mencegahnya, tetapi seluruh orang sesuai undang-undang memiliki kewajiban untuk pencegahan,\" tegasnya.

Selanjutnya, peredaran narkotika jadi ancaman juga masuk dalam ancaman gangguan keamanan di Kabupaten Kepahiang. Sebab memberikan dampak negatif bagi generasi muda. Sehingga pemerintah terus mendorong pemberantasan.

\"Banyak yang dilakukan pemerintah, diantaranya memberikan sanksi tegas bagi ASN yang terlibat dan bisa dipecat. Sementara itu aparat kepolisian juga bertindak tegas terhadap para pelaku pengedar,\" tutur Bupati.

Bupati mengatakan, jika seluruh pihak memiliki kewajiban mencegah terjadinya gangguan keamanan dengan memberikan proteksi dini kepada lingkungan. Dimulai dari lingkungan keluarga agar dapat terhindar dari berabgai bahaya narkoba. \"Selain itu, pengaruh negatif media sosial juga bisa jadi sumber ancaman keamanan. Terlebih masih mudahnya masyarakat terprovokasi dengan isu-isu negatif hingga bisa menimbulkan perpecahan,\" kata Bupati.

Ia berharap, berbagai kegiatan seminar, dan pembekalan kepada generasi muda yang kerap dilaksanakan pemerintah bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Kemudian para peserta bisa menyampaikan atau mensosialisasikan pembelajaran yang didapat ke tengah-tengah masyarakat. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: