TMMD Entaskan Kemiskinan

TMMD Entaskan Kemiskinan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Selain untuk membuka keterisoliran, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga memiliki dampak yang lebih luas lagi. Salah satunya yaitu bisa membantu mengentaskan kemiskinan di daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD.

\"Salah satu dari target dari program TMMD ini adalah untuk pengentasan kemiskinan,\" sampai Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi, saat menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD ke-103 Kodim 0409/Rejang Lebong di Lapangan Pasar PUT, Senin (15/10) kemarin.

Karena salah satu tujuan dari dilaksanakan TMMD adalah untuk mengentaskan kemiskinan. Maka menurut bupati, lokasi pelaksanaan TMMD diprioritaskan di desa tertinggal. Selain itu dalam program TMMD juga dilakukan peningkatan keterpaduan program kementerian sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk tercapainya program TMMD sendiri, menurut bupati tidak terlepas dari peran serta seluruh kementerian dan berbagai pihak. Selain itu, untuk memaksimalkan pelaksanaan dan pencapaian hasil TMMD, maka dalam pelaksanaan TMMD selalu melibatkan masyarakat. Pelibatan masyarakat tersebut mulai dari tahapan perencanaan hingga pelaksanaannya.

\"Dalam kegiatan TMMD ini, kita selalu melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan hingga pelaksanaanya,\" tambah bupati.

Sementara itu, untuk mengimbangi keberhasilan di bidang fisik yang membanggakan, maka kegiatan non fisik senantiasa dilaksanakan secara maksimal. Dalam melaksanakan kegiatan non fisik tersebut juga akan melibatkan berbagai pihak salah satunya para penyuluh untuk memberikan pembangunan non fisik bagi masyarakat.

Di sisi lain, Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman SSos dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan TMMD kali ini, jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong akan membuka jalan sepanjang 6,5 Km dengan lebar 8 meter. Jalan tersebut akan menghubungkan tiga desa di dua kecamatan yaitu Desa Guru Agung di Kecamatan Padang Ulak Tanding menuju Desa Jabi dan Desa Pengembang di Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Selain itu, sejumlah kegiatan juga akan dilaksanakan yaitu pembuatan gorong-gorong dilima titik, pembangunan jembatan gantung sepanjang 35 meter dengan lebar 1,5 meter, pembangunan pos kamling sebanyak 2 unit dan pengecatan masjid.

\"Selain kegiatan fisik, sejumlah kegiatan non fisik akan kita lakukan mulai dari penyuluhan pertanian hingga penyuluhan keamanan,\" sampainya.

Dalam kegiatan tersebut, jumlah personil TNI dan Polri yang akan dilibatkan sebanyak 150 orang kemudian dibantu oleh masyarakat setempat sebanyak 100 orang. Kegiatan tersebut akan selesai pada 13 November mendatang.

\"Dengan adanya kegiatan ini kami berharap bisa meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat dan meningkatkan sinergitas antara komponen masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera,\" demikian Dandim.

Sementara itu Kepala Staf Korem (Kasrem) 041/Gamas Bengkulu, Letnan Kolonel Arh Fatkhurrahma yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk mensuskseskan program TMMD yang dilaksanakan Kodim 0409/Rejang Lebong.

\"Kami ucapkan beribu-ribu terima kasih kepada pemerintah daerah atas bantuan untuk mensukseskan program TMMD ini,\" sampai Kasrem.

Ia berharap dengan adanya kegiatan TMMD dapat membantu masyarakat untuk mengatasi kesulitan khususnya terkait dengan transportasi. Terlebih lagi jalan yang dibuka tersebut merupakan jalan penghubung antara satu desa dengan desa lainnya.

\"Kami berharap dengan dibukanya jalan ini bisa mempermudah aktifitas masyarakat kita, karena jalan ini menghubungkan beberapa desa,\" terang Kasrem.

Selain dihadiri Kasrem, pembukaan TMMD dijajaran Kodim 0409/Rejang Lebong tersebut juga dihadiri oleh Bupati Lebong, para Dandim dijajaran Korem 041/Gamas serta tamu undangan lainnya. Dalam kesempatan tersebut Bupati Rejang Lebong, bersama Dandim dan Kasrem menyempatkan diri untuk meninjau langsung lokasi TMMD.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: