60 Kasus DBD

60 Kasus DBD

\"DBD\"ARGA MAKMUR, BE - Kasus demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi selama tahun 2012 lalu mencapai 60 kasus. Jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan tahuan 2011 lalu yang mencapai 80 kasus. Hal ini diungkapkan kepala dinas kesehatan M Iksan SKM M Kes melalui Mufianto SSos M Kes selaku bidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan.

\"Kita berikan himbauan kepada masyarakat untuk 3 M yakni menutup, menguras, dan menimbun terkait benda-benda yang dapat menjadikan sarang nyamuk itu. Walaupun jumlahnya cukup banyak namun terjadi penurunan,\"terangnya.

Kasus DBD paling banyak ditemukan di Kecamatan kota Arga Makmur yang mencapai sekitar 30 kasus. Disusul Padang Jaya 20 kasus, sedangkan 10 nya hanya gejala demam dan belum terjangkit DBD. Menurutnya di musim penghujan saat ini, kerap terjadi kasus DBD karena nyamuk tersebut akan bersarang di air yang tergenang dan jernih, terutama air hujan.

Ditambah lagi sebagian besar sampah rumah tangga masyarakat dapat menampung air hujan, terutama berbentuk kalengan. \"Biasanya akan terjadi peningkatan kasus saat musim hujan tiba,\" jelasnya.

Untuk desa yang penduduknya terkena wabah DBD, petugas dari Dinkes akan segera melakukan fogging.Tahun ini pemerintah daerah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 100 juta untuk pelaksanaan pemberantasan nyamuk.

\"Fogging ini memang mahal, karena ada sosialisasinya, obat-obatan, solar, ongkos jalan, danĀ  biaya operasionalĀ  petugas. Awal pertengahan bulan Januari lalu petugas kita sudah lakukan fogging di beberapa rumah warga Desa Gunung Alam,\" tukasnya.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: