Wisata Tubing Mulai Diminati

Wisata Tubing Mulai Diminati

CURUP, Bengkulu Ekspress - Keberadaa wisata tubing atau mengarungi sungai dengan menggunakan ban mulai banyak diminati wisatawan. Hal tersebut dilihat dari banyaknya wisatawan yang menikmati permainan tubing.

\"Alhamdulillah saat ini wisata tubing yang kami tawarkan sudah banyak peminatnya, hampir setiap hari libur pasti ada yang main,\" sampai Dedi salah satu pengelola paket wisata tubing di Kota Curup.

Dijelaskan Dedi, paket wisata tubing yang mereka kelola dengan wadah River Tubing Curup (RTC) sudah berdiri sejak Maret 2018 lalu. Kehadiran paket wisata tubing yang mereka kelola tersebut tak lain merupakan salah satu wujud partisipasi dan dukungan mereka terhadap program kota wisata yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Dengan kehadiran wisata tubing tersebut, Dedi mengaku mereka ingin menghadirkan wisata berbeda, baik bagi masyarakat Rejang Lebong sendiri maupun dari luar Rejang Lebong.

\"Kita ingin menghadirkan wisata berbeda, karena selama ini para wisatawan yang datang ke Rejang Lebong hanya sekadar mandi di Suban Air Panas atau menikmati air terjun dan kebun bunga atau mendaki bukit Kaba,\" sampai Dedi.

Namun dengan adanya paket wisata yang mereka tawarkan tersebut, mereka ingin mengajak wisatawan untuk memacu adrenalin sembari menikmati jeram-jeram yang ada di Sungai Dendan maupun Sungai Ulu Musi di Kecamatan Curup Utara.

Pengelolaan wisata tubing ini sendiri, menurut Dedi mereka kelola secara prefesional, dimana para pemandu atau guide selama pengarungan adalah orang-orang yang terlatih. Kemudian selama pengarungan peserta akan dijamin keselamatannya karena mereka menyediakan alat keselamatan mulai dari jaket pelampung, helm, hingga pelindung lutut dan sikut.

\"Dalam pengarungan kita sudah menggunakan standar keselamatan yaitu jaket pelampung, helm dan pelindung sikut maupun lutut, sehingga mereka yang tidak bisa berenang tidak masalah,\" paparnya.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, River Tubing Curup menawarkan dua jalur pengarungan yaitu jalur ekstrim dengan jeram yang cukup menantang yaitu mengarungi dua sungai sekaligus yaitu Sungai Dendan dan Sungai Ulu Musi dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, sedangkan untuk jalur Fun yaitu mengarungi Sungai Ulu Musi dengan lama pengarungan sekitar 2 jam. Khusus untuk jalur fun ini anak-anak usia minimal 8 tahun dengan pengawasan orang tua bisa ikut.

Untuk biaya sendiri, menurut Dedi cukup terjangkau yaitu Rp 57 ribu per orang untuk sekali pengarungan di jalur fun dan Rp 75 ribu per orang untuk sekali pengarungan di jalur ekstrim. Untuk sekretariat RTC Sendiri, menurut Dedi ada di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup atau bisa mengakses di akun media sosial mereka yaitu River Tubing Curup baik di Facebook maupun Instagram.

\"Salah satu fasilitas yang kita berikan yaitu layanan foto gratis bagi para pengunjung, sehingga nanti setelah bermain tubing mereka bisa mengunggah ke akun media sosial,\" demikian Dedi.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: