Pendaftar CPNS Masih Minim, Server Lemot Belum Ada Solusi

Pendaftar CPNS Masih Minim, Server Lemot Belum Ada Solusi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Meski banyak masyarakat ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Bengkulu, namun memasuki hari ketiga pendaftaran dibuka, masih minim pendaftar yang berhasil mengakses server http://sscn.bkn.go.id hingga berhasil menggunggah persyaratan diminta panitia.

Seperti kuota di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saja, hanya dua orang yang telah melakukan pendaftaran secara online melalui situs http://sscn.bkn.go.id. Dua pendaftar antara lain, satu orang mendaftar untuk formasi guru dari Kabupaten Mukomuko dan satu orang lagi formasi teknis S1 jurusan manajemen dari pulau Jawa.

Minimnya pendaftaran itu karena sibuknya server portal pendaftaran sehingga sulit diakses. Bahkan, tidak hanya peserta sulit mengakses server, admin SSCN Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu juga mengalami kesulitan masuk ke server untuk login.

\"Kami sekarang tidak bisa mengecek seperti apa perkembangannya. Karena server portalnya terlalu sibuk,\" terang Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Ir Hj Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi (PPIK), Dei Natali Handy kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (28/9/2018).

Untuk mengatasi lemotnya server pendaftaran itu, sampai saat ini BKD belum memiliki solusi. Pihaknya juga sudah berkoordinasi kepada KemenPAN-RB untuk mengatasi masalah tersebut. Namun tetap, dari pusat juga tidak bisa mengatasinya atas server yang banyak digunakan oleh pelamar CPNS itu. \"Belum ada solusi. Ya inilah risiko online, kalau ramai sulit dibuka. Kalau manual, membuat sulit pelamar yang harus antri mendaftar. Ini lebih tidak bagus,\" tuturnya.  

Solusi yang tepat ialah dengan cara mencari waktu yang pas, yaitu ketika portal itu tidak banyak yang login untuk mendaftar. Waktu yang tepat ialah malam hari, mulai dari dini hari hingga pagi hari. Karena diwaktu itu, banyak orang tidak mengakses untuk mendaftar.

\"Ya cari waktu yang tepat saja untuk daftar,\" tambahnya.

Dei mengatakan, setelah mendaftar semua pelamar harus meng upload semua syarat berkas pendaftaran. Ketika telah dinyata lolos atau terverifikasi, maka pelamar harus menyerahkan berkas secara manual ke BKD Provinsi. Jika pelamar jauh, bisa mengirimkan melalui via pos. \"Berkas itu nanti kami minta. Jadi yang teregister ada secara online dan manualnya juga kami punya,\" katanya.

Hal yang sama terjadi Bengkulu Selatan (BS), hingga saat ini belum banyak pendaftar CPNS yang berhasil. Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkulu Selatan melansir hingga Jumat dini hari (28/9/2018) pukul 00.10 WIB baru 19 pelamar seleksi CPNS di lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan. Dari jumlah tersebut, mayoritas peserta mendaftar untuk formasi guru.

“ Sampai pukul 00.00 lewat tadi malam (28/9/2018), baru 18 mendaftar tes CPNS di BS,” kata Kepala BKPSDM Bengkulu Selatan, Minarman SH didampingi didampingi Kabid Pengadaan Informasi Kepegawaian Mutasi dan Promosi (PIMP),Nico Dwipayana SSTP MM MH.

Bahkan saat mau dibuka kemarin siang, situs tes CPNS belum bisa dibuka. Dengan begitu, hingga siang kemarin belum diketahui apakah ada lagi penambahan peserta tes CPNS atau belum. Adapun dari 18 pelamar tersebut, didominasi untuk formasi guru, sedangkan sebagian kecil untuk formasi teknis dan kesehatan. Namun demikian, Nico mengaku untuk rinciannya belum diketahuinya.

“Angka pastinya berapa yang melamar formasi guru, belum saya cek lagi,” ujarnya.  

Adapun Nico mengaku belum diterima di BKPSDM. Sebab berkas dikirim melalui pos. Akan tetapi dari hasil koordinasi pihaknya dengan pihak POS, diketahui sudah ada beberapa berkas lamaran masuk ke POS ditujukan kepada panitia seleksi CPNS Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Berkas fisik lamaran tersebut kami menunggunya disampaikan oleh pihak POS ke panitia di BKPSDM Bengkulu Selatan,” terang Nico.

Sementara itu, di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memasuki hari ketiga pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS), sebanyak 6 (enam) orang pencari kerja (Pencaker) telah mendaftar. Dari keenam peserta, 1 orang telah menyampaikan berkas persyaratan ke kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng.

\"Baru 4 peserta yang mendaftar. 1 orang diantaranya sudah menyampaikan berkas,\" kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi, melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi, M Ario Nurvansyah SH, kemarin (28/9).

Untuk di Lebong, baru 7 berkas yang diterima panitia seleksi Kabupaten Lebong dari 8 calon yang telah mendaftar melalui online di SCCN. Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong, A Ropik Ssos, mengatakan bahwa selama 3 hari pembukaan penerimaan CPNS di Kabupaten Lebong, pihanya mendata baru 8 orang yang telah masuk di portal mendaftar secara online nik di SCCN. “Namun hingga hari ini (kemarin) baru 7 orang yang telah memasukan berkas,” jelasnya. (529/369/151/614/135)

\"\"Cara Cepat Akses Portal Daftar CPNS

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah dibuka sejak Rabu (26/9). Masyarakat bisa langsung daftar melalui portal sscn.bkn.go.id. Sayangnya, sejak kemarin pagi, situs tersebut sulit diakses.

Tak sedikit calon pendaftar seleksi CPNS yang menyampaikan keluhannya ke akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di @BKNgoid.

1. Pastikan internet Anda stabil 2. Sebaiknya gunakan laptop atau desktop 3. Hindari jam-jam sibuk penggunanaan 4. Pilih waktu dinihari atau sore hari 5. Jangan terburu-buru melakukan registrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: