Inspektorat Gandeng Beberapa Instansi

Inspektorat Gandeng Beberapa Instansi

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebong, Tina Herlina SP MM mengatakan, bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong sudah menggandeng beberapa instansi. Seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tim saber pungli Lebong, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Bengkulu hingga Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong. Tujuannya, untuk mencegah korupsi dan lainnya.

“Semua intansi tersebut telah kita jalin kerjasamanya dengan melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU),” jelasnya, kemarin (25/9).

Menurutnya, Inspekorat telah memiliki tim pengawas yaitu Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang ada di lingkungan Pemkab Lebong. Sehingga maturitas SPIP terus bisa berjalan, walupun saat ini tim yang dibentuk untuk melakukan audit masih sedikit.“Akan tetapi audit masih bisa berjalan dengan baik dan terus kami lakukan,” sampainya.

Dimana APIP selama ini melakukan pengawalan disetiap kegiatan di Pemkab Lebong, baik itu sejak dilakukannya perencanaan, penganggaran, penatausahaan hingga pelaksanaan pelaporan dan evaluasi.

“Jika tidak dilakukan maka, dapat memberikan peluang kepada perbuatan melanggar hukum,” ujarnya.

Untk itulah di 2018 ini, pihaknya terus meningkatkan capaian maturitas SPIP dan kapabilitas APIP. Sehingga apa-apa yang dapat melanggar atau tidak boleh dilakukan karena melanggar aturan atau hukum yang berlaku, bisa diantisipasi. “Untuk itulah pengawasan di seluruh OPD terus kita lakukan,” tutur Tina.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: