Dandim Ceramahi Pelajar Binduriang

Dandim Ceramahi Pelajar Binduriang

\"Letkol-Inf-Yanto-Kusno-Hendarto-\"BINDURING, BE - Untuk membangkitkan semangat bela negera di kalangan pelajar, Kodim 0409 Rejang Lebong Jum\'at (1/01) menggelar kegiatan sambang sekolah di Kecamatan Binduriang.  Kali ini SMAN 1 Binduriang menjadi sasaran kegiatan penyuluhan sadar bela negara.  Kegiatan ini dihadiri lansung Dandim 0409 RL Letkol Inf Yanto Kusno Hendarto, didampingi pihak sekolah dan beberapa perwira Kodim 0409 RL.

Dalam pengarahannya, Yanto menyampaikan pesan moral mengenai peranan generasi muda dalam lingkungan. “Sebenarnya sudah kami mulai sejak beberapa minggu lalu. Masing-masing babinsa setempat memberi ceramah di sekolah dalam kegiatan upacara secara rutin dan bergilir. Tapi saya juga diminta langsung dari pihak sekolah, karena itu wajib saya penuhi,” ujar Yanto.

Yanto menilai langkah yang mereka ambil akan efektif dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda untuk memutus mata rantai krinimalitas di lingkungan pelajar. Seperti dalam menciptakan keamanan dan ketertiban, menurutnya generasi muda harus disuntik kembali semangat kebersamaan agar dapat bertanggungjawab dengan masyarakat.

“Sebagian besar pelaku pencurian ternyata anak-anak usia produktif, 15 – 25 tahun. Siapa yang sangka, mereka yang terjerumus di narkoba dan aksi pencurian ternyata memang kurangnya pendidikan moral dan agama. Kami berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk kembali menyegarkan generasi muda kita,” jelas Yanto.

Selain penyuluhan sadar bela negara, Dandim juga memberian semangat kepada para siswa yang bergabung dengan kesatuan TNI. Terlebih lagi ditegaskan, dalam penerimaan TNI, tidak dipungut biaya sepeserpun. “Kami sudah mengkaji, sudah cukup banyak anak yang terjurumus ke dunia hitam. Tapi masih banyak juga yang masih dikatakan polos. Untuk itu, agar tidak terjerumus.

Jika pribadi mereka sudah kuat, saya yakin akan memutuskan mata rantai kejahatan. Bagi yang sudah terjerumus, akan disadarkan dengan hukum,” tegas Yanto. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: