Gelombang Pasang Masih Mengancam

Gelombang Pasang  Masih Mengancam

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Gelombang pasang yang menerjang pantai selatan Kabupaten Kaur, Rabu (25/7) masih menjadi momok menakutkan bagi warga pesisir diwilayah Kaur. Pasalnya, sampai sekarang gelombang masih cenderung tinggi pasca terjangan yang memporak-porandakan sejumlah rumah dan perahu nelayan itu.“Tadi (kemarin) ombak besar terjadi lagi, dan sempat mereda tapi kemudian ombaknya besar lagi dan ini kami pesisir jadi was-was,” ujar Sukadi (45), nelayan desa Pasar Lama kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (26/7).

Dikatakannya, ia bersama para nelayan lainnya tidak bisa menangkal musibah tersebut. Saat ini para warga yang dipesir selatan wilayah Kaur hanya bisa pukos jika sewaktu-waktu terjadi bisa berlari menyelamatkan diri dan barang-barang rumah tangga dari kenaganasan ombak selatan itu. Juga ia berharap cuaca buruk ini segera berakhir dan normal kembali.

“Dengan kondisi cuaca seperti ini kami nelayan tidak bisa berbuat apa-apa, dan kami hanya berharap cuaca nomal kembali agar kami bisa melaut,” harapnya.

Senada juga disampaikan Herli (53), warga pesisir desa Pasar Lama, ia mengaku semenjak gelombang tinggi ini ia selalu was-was. Sebab ia bersama warga takut gelombang ombak menerjang rumah mereka. Rumah warga hanya berjarak 20 dari pantai.Apa lagi gelombang di tepi pantai pun sudah rusak dan sebagiannya ambruk dihantam ombak angin Selatan. Warga setempat meminta pemerintah daerah peduli terhadap fasilitas di kampung ini khususnya untuk pembangunan batu pemecah gelombang di tepi pantai.

\"Rumah kami hanya bejarak 20 meter saja dari laut. Terkadang kami was-was tinggal di rumah jika masuk angin selatan. Sebab disekitar pantai pasar lama ini tidak ada penahan ombak, kaya kemarin itu air laut masuk rumah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur Muljunias ST menyampaikan, gelombang tinggi ini akan terus terjadi hingga beberapa hari kedepan, dan pihaknya sudah mengeluarkan peringatan dini agar warga di sepanjang pantai selatan waspada menghadapi ancaman gelombang pasang yang cukup ekstrem pada bulan ini. “Dengan kondisi cuaca seperti ini kita minta kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar pantai untuk selalu waspada. Sebab, gelombang tinggi masih akan terjadi,” imbaunya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: