Tumbuhkan Ekonomi Bengkulu

Kamis 31-05-2018,15:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Bank Indonesia (BI) terus melakukan pengembangan ekonomi daerah salah satunya melalui peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bengkulu. Salah satu peningkatan UMKM yang dilakukan BI yaitu membina kelompok batik besurek tulis canting mas yang harapan mampu menggerakkan ekonomi Bengkulu.

Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, BI melalui tanggung jawab sosialnya telah berkomitmen untuk terus membantu pengembangan ekonomi daerah di Provinsi Bengkulu dengan peningkatan UMKM. Bentuk nyata yang dilakukan oleh BI salah satunya yaitu membina kelompok batik besurek canting mas.

\"Batik besurek dikenal diseluruh nusantara, untuk itu BI berusaha mempertahankan orisinalitas dan autentik hasil karya produksi orang bengkulu dan ini harus diangkat di level nasional,\" ujar Endang pada Peresmian Galeri Batik Canting Mas di Anggut Atas Kota Bengkulu, kemarin (30/5/2018).

Bentuk nyata yang dilakukan BI Bengkulu dalam mempertahankan orisinalitas dan autentik batik besurek yaitu dengan terus memperkenalkan batik besurek ditingkat nasional. Telah banyak upaya yang dilakukan BI untuk membesarkan batik besurek salah satunya melalui pameran. \"Kami telah mengenalkan kain batik besurek pada pameran batik nasional di Jakarta Convention Center (JCC) dan respon masyarakat disana sangat positif,\" kata Endang.

Beragam respon positif telah didapatkan kain batik besurek khas Bengkulu ini. Bahkan pernah juga dipuji oleh ibu Jokowi pada batik nasional di JCC. Tak hanya itu, Batik ini pada saat yang sama juga diborong oleh Menteri PU dan Pemain Sinetron Sidoel anak Sekolahan, Maudi Kusnaidi.

\"Tingginya respon positif di tingkat nasional menunjukkan kalau batik ini mampu memberikan kesan orisinalitas dan autentiknya karena berbeda dengan batik yang lainnya,\" ungkap Endang.

Kesan orisinalitas dan autentik dari Batik Besurek tersebut hingga saat ini masih dapat dipertahankan berkat usaha kreatif yang dilakukan oleh Kelompok Binaan Bank Indonesia Bengkulu \"Canting Mas\". Kelompok Canting Mas merupakan kelompok pengerajin yang beranggotakan 8 orang dan masih menekuni budaya batik tulis di Bengkulu.

\"Alhamdulillah setelah 1 setengah tahun berjalan, usaha kelompok ini bisa maju,\" terang Endang.

Meskipun kelompok Canting Mas sudah lumayan maju namun masih butuh banyak bimbingan terutama dalam hal pemasaran, Endang memandang hal tersebut akan dilakukan beriringan dengan memperkenalkan batik besurek tulis ke Masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan BI Bengkulu untuk memperkenalkan dan memasarkan batik tulis khas Bengkulu ini yaitu dengan mendirikan Galeri Batik Besurek Canting Mas.

\"Galeri Batik Besurek Canting Mas didirikan sebagai wadah para pengerajin batik tulis Bengkulu untuk mendisplay karyanya agar diapresiasi masyarakat,\" ungkap Endang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, H Muslih Z SH mengatakan, pihaknya berharap Galeri Batik Besurek Canting Mas Bengkulu selain memamerkan hasil karya batik tulis juga mampu menggerakkan kelompok UKM di Bengkulu untuk terus melestarikan kain batik besurek tulis. Dengan melestarikan kain batik tulis khas Bengkulu ini maka akan berpengaruh dengan nilai-nilai ekonomi untuk daerah.

\"Kami yakin upaya yang dilakukan BI ini bisa meningkatkan perekonomian daerah melalui kelompok binaannya di Bengkulu,\" kata Muslih.

Tetapi agar Batik Besurek mampu berperan lebih terhadap perekonomian tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan. Diperlukan peran seluruh pihak untuk turut mengenalkan batik khas Bengkulu ini dan beruntungnya Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mewajibkan seluruh pejabat di Provinsi Bengkulu wajib mengenakan pakaian batik besurek tulis baik di kegiatan daerah maupun nasional.

\"Ini adalah upaya Gubernur Bengkulu agar batik besurek tulis bisa menjadi semakin terkenal dan berkembang di masyarakat,\" tutup Muslih.

Sementara itu, Ketua Kelompok Canting Mas, Asniarti melalui Bendahara Canting Mas, Gusriyani mengatakan, usaha batik tulis yang dirintis oleh teman-temannya bisa berkembang berkat bantuan BI Bengkulu. Pihaknya berharap kedepan BI juga bisa membantu memasarkan batik tulis Bengkulu hingga ke luar Provinsi. \"Kami berterimakasih kepada BI karena berkat bantuannya usaha batik tulis di Bengkulu bisa berkembang lagi dan semoga bisa terkenal hingga senusantara,\" tukasnya. (999)

Tags :
Kategori :

Terkait