BOS SMA Perdana Belum Cair

Rabu 30-01-2013,16:42 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, BE- Hingga kini akir Januari, dana bantuan oprasional Sekolah (BOS) SMA dan SMK di Kabupaten Seluma tak kunjung cair. Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma masih mengunggu petunjuk dan pelaksana teknis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait BOS tersebut. Hal ini diakui Sekretaris Dispendik Seluma, Nopiar Oswari SPd MM MSi.

Dipastikannya, nantiknya seluruh siswa SMA dan SMK akan mendapatkan dana sekitar Rp 1 juta dalam setahun. Namun dana tersebut bukan diberika tunai kepada anak. Melainkan digunakan seperti layaknya BOS SD dan SMP yang sudah lebih dahulu diprogramkan. Mekanisme pencairannya, triwulan pertama sebesar Rp 300 ribu, triwulan kedua Rp 500, tiwulan ke 3 dan ke 4 Rp 200.

“Bos SMA dan SMK masih menunggu Jutlak dan juknis dari pusat. Proses pencairan dan penggunaannya tak jauh berbeda dengan BOS SD dan SMP,” kata Nopiar Oswari.

Dijelaskannya, dana BOS SMA/SMK tersebut akan disalurkan langsung ke sekolah melalui transfer rekening dari Dispendik Provinsi Bengkulu. Dikatakannya, pihaknya mengharapkan semua SMA dan SMK yang ada, sejak kini sudah menyiapkan rekening sekolah. ”Dengan adanya dana BOS ini, tidak ada lagi alasan ada anak-anak usia SMA atau SMK yang tidak sekolah,” katanya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait