Masih Ada Desa Belum Berlistrik

Jumat 29-09-2017,14:19 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, Bengkulu Ekspress - Sekalipun Kabupaten Seluma, sudah berusia 14 tahun. Ternyata hingga sekarang masih ada desa di daerah ini belum berlistrik. Terdapat 4 desa yang belum dialiri listrik,

“Tiga desa menjadi tanggung jawab PLN Ranting Seluma, namun khusus desa Batu Balai Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) masih tangung jawab PLN ranting Manna,” kata Kepala Rayon PLN Tais, Sapruddin kepada Bengkulu Ekspress kemarin (28/9).

Desa yang belum mendapat aliran listrik antara lain, Desa Giri Nanto, Kecamstan Ulu Talo, Sinar Pagi dan Sekala Kecamatan Seluma Utara. Sementara Desa Batu Balai Kecamatan Semidang Alas Maras masih tanggung jawab PLN ranting Manna.

Disampaikan, untuk Desa Giri Nanto, saat ini listriknya dalam proses pemasangan dan diperkirakan tahun ini rampung. Sementara untuk Desa Sekala dan Sinar Pagi terkendala dengan jalan yang tidak bisa dilewati kendaraan, terutama untuk mengangkut tiang listrik. Karena jalan ke desa tersebut masih ada yang jalan setapak.

“Kalau akses jalan bagus maka kita pastikan seluruh desa sudah terang benderang,” imbuhnya.

Desa yang belum dialiri listrik sementara ini menggunakan genset (Giri Nanto dan Skala) sementara Sinar Pagi menggunakan PLTS yang merupakan bantuan dari kementerian.

\"Kemampuan genset dan PLTS belum maksimal, sehingga tetap harus dilakukan pemadaman secara bergilir didesa tersebut,\" tutup Saprudin. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait