Wabup: Lebong Harus Bebas Pasung

Kamis 27-07-2017,11:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

LEBONG ATAS,Bengkulu Ekspress - Rabu (26/7) sekitar pukul 12.00 WIB, Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez SH MKn mengunjungi Hero (40) warga desa Daneu Kecamatan Lebong Atas yang dipasung oleh keluarganya. Dalam kesempatan tersebut, Wawan menyerahkan uang santunan kepada keluarga Hero untuk membantu biaya pengobatan maupun keperluan kebutuhan sehari-hari. Wabup berharap, agar seluruh stake holder dapat bekerja sama agar tidak ada lagi masyarakat Kabupaten Lebong yang dipasung. Peran Pemerintah Desa (Pemdes) sebagai ujung tombak yang lebih mengetahui kondsisi diwilayahnya masing-masing sangat dibutuhkan untuk menjadikan Kabupaten Lebong bebas pasung. Begitu juga dengan peran OPD terkait juga harus lebih peka saat mendapatkan informasi.

\"Apabila memang ada warga tak mampu segera Kadesnya yang mendampingi warga tersebut untuk selanjutnya di teruskan oleh dinas terkait. Tentu dalam mengatasi hal semacam ini perlunya dorongan semua pihak, termasuk masyarakat itu sendiri,\" ujar Wawan. Sementara Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKM mengungkapkan, dari data yang mereka miliki terdapat 90 masyarakat yang mengalami ganguan jiwa. Untuk jumlah yang dipasung di Kecamatan Lebong Atas ada 6 orang. Pihaknya mengakui mengalami kendala yaitu minimnya koordinasi dan dorongan pihak keluarga dalam proses penyembuhan.

\"Hero merupakan pasien lama yang telah kita data dan mendapatkan pelayanan kesehatan dari Puskesmas. Yaitu dengan memberikan obat kepada yang bersangkutan. Yang jadi masalah kami sejauh ini adalah ketika obat tersebut habis, pihak keluarga tidak bekordinasi lagi dengan kita,\" singkatnya. Masih adanya masyarakat Lebong yang dipasung mulai menjadi perhatian setelah Selasa (25/7), jajaran Polsek Lebong Atas mengunjungi Hero dan memberikan bantuan bahan pokok. (777)

 
Tags :
Kategori :

Terkait