Pengembalian Lahan Tuntas Sebelum Puasa

Jumat 05-05-2017,12:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Mei 5, 2017 @ 12:30

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Kedatangan sejumlah warga penghibah tanah ke kantor Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) Rabu (4/5/2017) siang, ditanggapi serius oleh Pemkab Benteng. Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Benteng, Drs Hendri Donal SH MH memastikan bahwa 30 persen dari keseluruhan lahan perkantoran sudah dibagikan ke 96 orang warga penghibah tanah.

\"Dari pertemuan yang dilakukan bersama perwakilan warga, disepakati bahwa sisa lahan akan dikembalikan sebelum bulan puasa (bulan ini,red),\" tegas Hendri Donal.

Sebab itulah, Hendri Donal mengaku bahwa pihaknya bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan berupaya keras untuk mewujudkan hal itu.

Salah satunya adalah dengan menyelesaikan pengukuran terhadap sejumlah kavelingan yang paling luas. Yakni kavlingan dengan luas 5 ribu meter persegi dan kavlingan dengan luas 2 ribu meter persegi.

Dari hasil pendataan, kavelingan seluas 5 ribu meter persegi nantinya akan diperuntukan bagi 39 orang. Sedangkan kavelingan 2 ribu meter persegi akan disiapkan untuk 71 orang penghibah. \"Proses pengukuran tinggal sedikit lagi. Sebab itulah, kami minta masyarakat bisa bersabar,\" pinta Hendri Donal.

Terpisah, salah satu penghibah tanah, Bambang, warga Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi mengharapkan agar Pemda Benteng menanggapi permasalahan ini secara serius. Menurut Bambang, permasalahan ini sudah berlangsung terlalu lama dan belum tuntas 100 persen.

\"Kami harap seluruh lahan yang merupakan hak kami segera dikembalikan,\" pintanya.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, sejauh ini sebagian besar masyarakat sudah resah dan khawatir jika lahan mereka tidak dikembalikan.

Menurut Bambang, jika pengembalian lahan tidak dituntaskan dalam waktu dekat, tidak menutup kemungkinan masyarakat akan melakukan aksi demo ke kantor Bupati dalam jumlah yang besar.

\"Jika janji yang disampaikan kembali diingkari, kami memastikan akan melakukan aksi demo,\" ancam Bambang.

Data terhimpun Bengkulu Ekspress, pengembalian lahan tak bisa dilakukan secara sekaligus dalam satu hamparan, melainkan dalam berbagai bentuk kavelingan. Dari beberapa tipe kavelingan, sejauh ini Pemda Benteng baru tuntas mengembalikan kavlingan utama untuk seluruh penghibah tanah, yakni kavlingan dengan luas 300 meter persegi.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait