Angka Kelahiran Tinggi, Bupati Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan

Jumat 31-03-2017,16:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Upaya pemerintah dalam menekan tingginya angka pertumbuhan dan penambahan penduduk nampaknya terus digencarkan. Bupati Kabupaten Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM secara resmi membuka kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Kabupaten Kepahiang,  Kamis (30/3) di Desa Permu Bawah Kecamatan Kepahiang.

Bupati menilai bahwa tingginya persentase angka kelahiran pertumbuhan penduduk di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Kepahiang sangatlah besar. Berdasarkan informasi yang didapatnya, persentase pertumbuhan penduduk Kabupaten Kepahiang ini mencapai 17 persen/tahun dan mengalahkan persentase pertumbuhan penduduk secara nasional yang hanya 10 persen/tahunnya.  \"Persentase pertumbuhan jumlah penduduk di Kepahiang sangatlah tinggi dan mengalahkan persentase secara nasional. Dengan tingginya angka kelahiran ini, akan semakin menambah beban negara,\" ujar Hidayatullah.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini bupati Kepahiang menegaskan agar semua dinas instansi terkait untuk tetap berperan aktif dan maksimal dalam bekerja, untuk mengatasi tingginya angka kelahiran di Kabupaten Kepahiang. Kepada masyarakat dan kader - kader kesehatan, dirinya menyampaikan agar tidak henti - hentinya dalam mensosialisasikan program KB nasional.

\"Sebab dengan tingginya angka ibu melahirkan ini, maka kemungkinan ibu meninggal sangat melahirkan juga semakin besar. Oleh sebab itu, diharapkan semua OPD terkait, masyarakat dan kader - kader kesehatan terus berupaya mensosialisasikan program KB,\" tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie M. Hidayat menerangkan, program KB dapat menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi. Selain itu program KB menurutnya juga bisa meningkatkan gizi ibu dan anak, serta meningkatkan perkembangan kecerdasan anak.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh TNI, Polri, Kabid KB BKKBN Provinsi Bengkulu Marsita, SH, Asisten III Pemkab Kepahiang, Plt. Kepala DPPKBP3A Kepahiang selaku ketua panitia penyelenggara, serta seluruh pimpinan OPD di lingkungan Kabupaten Kepahiang. Kegiatan ini juga disertai dengan pelayanan KB secara gratis, pemeriksaan IVA test secara gratis, pengobatan gratis dan Prolanis lansia. (320)

Tags :
Kategori :

Terkait