Helmi: Menjaga Kebersihan Kota adalah Kewajiban

Sabtu 11-03-2017,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Launching Program Bengkulu Ku Bisa

BEGKULU, BE - Dalam rangka Jumat Bersih dan meramaikan HUT Kota Bengkulu ke 298, Pemerintah Kota Bengkulu bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), kemarin (10/3) pagi, mengadakan apel gabungan dan dilanjuti dengan kebersihan pantai bersama mulai dari kawasan Pasar Bengkulu, Bajak, Pondok Besi dan Tapak Paderi Kota Bengkulu yang dilanjutkan dengan gerakan senam bersama di Lapangan Terminal Sungai Hitam Kota Bengkulu yang saat ini juga menjadi Kantor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu.

Selain itu kegiatan tersebut, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE juga melaunching program Bengkulu Ku Bisa. Dalam sambutannya Helmi mengatakan, menjaga kebersihan kota tidak bisa hanya mengandalkan petugas kebersihan saja. Sebab kewajiban menjaga kebersihan adalah kewajiban seluruh masyarakat Kota Bengkulu.

\"Bukan menumpang, bukan mengontrak, tetapi pemilik Kota Bengkulu lah yang bertanggung jawab menjaga kebersihan kota ini. Ketika kita meyakini bahwa kita pemilik kota ini, maka kita bertanggung jawab menjaga kota yang kita cintai ini menjadi kota yang bersih, indah, sejuk, dan aman,\" imbaunya.

Helmi mencontohkan, menjaga kebersihan kota harus sama seperti menjaga rumah. Sebab, pemilik rumah pasti tidak akan mau membiarkan sampah berserakan di dalam rumahnya. Seperti itu juga masyarakat Kota Bengkulu sebagai pemilik Kota Bengkulu haruslah mau menjaga dan merawat kebersihan di Kota Bengkulu.

\"Tekad ini haruslah masuk kedalam hati setiap warga Kota Bengkulu. Maka untuk mewujudkan kota yang bersih, sejuk, indah, dan aman bukanlah menjadi perkara yang susah. Apakah dia bekerja di pemerintahan atau di swasta, apakah dia sudah berkeluarga atau belum berkeluarga, siapa pun dia ketika memiliki perasaan ini saya yakin tidak ada kendala,\" tegasnya.

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Kota Bengkulu telah menjalankan program lomba dan menyiapkan hadiah bagi pemenang lomba sebagai bentuk stimulan (pemancing) berupa uang tunai dan dijanjikan perjalanan ke luar negeri.

Sejak dilaunching beberapa waktu lalu, program Bengkuluku Bisa tampak sudah berjalan. Warga masyarakat didukung oleh lurah dan camat sudah bergerak membersihkan lingkungan tempat tinggal supaya terlihat indah dan bersih. Tidak hanya itu, kegiatan bersih-bersih bersama jajaran Pemerintah Kota Bengkulu juga rutin dilakukan setiap hari jumat dan minggu sehingga masyarakat terpacu untuk berlomba-lomba menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

\"Saya harapkan kesadaran dan semangat warga ini tidak kendor agar Kota Bengkulu menjadi kota yang nyaman melebihi kota-kota yang lain,\" pungkasnya.(311)

Tags :
Kategori :

Terkait