Ribuan Murid Diusulkan Dapat PIP

Rabu 01-03-2017,11:20 WIB

TAIS, BE - Setelah memberikan surat pemberitahuan kepada seluruh Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Seluma. Akhirnya sebanyak 181 SD di Kabupaten Seluma sudah memasukkan data jumlah peserta yang bakal diusulkan mendapat Program Indonesia Pintar (PIP) pada 2017 ini. Program bantuan dana tunai bagi siswa kurang mampu. Jumlah usulannya mencapai 7.500 siswa kurang mampu. Usulan itu sudah disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Seluma ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdas Kemendikbud).

“Sebagai gambaran pada 2016 yang mendapat PIP sebanyak 4.500 murid SD. Kemudian tahun ini kami usulkan lagi sebanyak 7.500 murid. Mudah- mudahan semuanya bisa dapat dana PIP sehingga bisa membantu murid yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan sekolah mereka,” tegas Kepala Dispendikbud Seluma Muksir Ibrahim

SPd didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Zesmasn Bajuri SPd kepada wartawan kemarin (28/2) Sebanyak 7.500 murid SD tersebut murid kurang mampu yang datanya diusulkan langsung sekolah. Mengingat sekolah yang mengetahui kondisi murid yang ada di sekolahnya. Namun Dispendikbud Seluma belum bisa memastikan berapa murid yang akan mendapatkan dana bantuan PIP dari pemerintah. Karena data yang dikirimkan masih harus diverifikasi lagi oleh Dirjen Dikdas Kemendikbud.

Menurutnya, untuk dana PIP ini diberikan dengan kisaran Rp 225 ribu sampai Rp 450 ribu. Besarannya tergantung kelas murid tersebut. Karena semakin tinggi kelasnya tentunya jumlah kebutuhannya semakin besar. Dana PIP ini nantinya disetorkan langsung ke rekening murid penerimanya. Bukan melalui sekolah atau melalui Dispendikbud Seluma.

“Dari jumlah SD yang ada di Seluma tidak semuanya mengusulkan melalui Dispendikbud, karena ada yang mengusulkan melalui data pokok kependidikan (dapodik). Bila ditotal jumlah keseluruhannya sebanyak 7500 orang murid itu,” pungkas Zesman. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait