Pemkab Ambil Alih Jalan Nasional

Jumat 10-02-2017,11:30 WIB

TAIS, BE - Saat ini, jalan nasional yang ada di Kabupaten Seluma sudah banyak yang rusak parah. Terutama jalan nasional sepanjang 1,5 Km yang ada di Kota Tais. Karena statusnya sebagai jalan negara, kerusakan hanya bisa diperbaiki menggunakan anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) dan anggaranya lama turunnya. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, berencana mengambil alih jalan nasional itu. Mengusulkan perubahan statusnya dari jalan nasional menjadi jalan kabupaten.

“Pengalihan status diusulkan mulai dari Simpang Enam hingga Bunga Mas yang melintasi Kota Tais,” ujar kepala Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang, M Syaifullah ST MM kepada BE kemarin (9/2).

Usulan alih status jalan itu disampaikan ke Dinas pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu dan diteruskan ke Kementrian Pekerjaan Umum di Jakarta.

“Jalan nasional kapan dilakukan perbaikannya. Sepanjang 1,5 KM jalan ini diharapkan bisa diserahkan ke kabupaten agar bisa diperbaiki menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah,\'\' ujarnya.

Dibeberkan lagi, sekitar 10 KM jalan nasional yang melintasi Kabupaten Seluma – Bengkulu Selatan mengalami kerusakan parah, berlubang di sana-sini. Hal ini dapat terlihat dari kecamatan Sukaraja hingga kecamatan Semidang Alas Maras(SAM). Kondisi ini diperburuk lagi dengan banyaknya kendaraan batu bara yang bermuatan 15 Ton melintas di jalan itu.

“Sebelumnya kita bersama Polres Seluma juga sudah menyurati PU Provinsi terkait kondisi jalan rusak itu, agar bisa diperbaiki,”singkatnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait