Sepuluh Tahun Terbengkalai

Jumat 03-02-2017,12:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sangat serius untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya. Buktinya, Pemkab berencana memperbaiki dan mengaktifkan kembali Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Tanjung Putus Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara yang sudah rusak selama 10 tahun akibat gempa pada tahun 2007 lalu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Samsul Maarif SKM MKes mengaku, usulan perbaikan pustu tersebut sudah disampaikan kepada Pemkab Bengkulu Utara dan menjadi salah satu prioritas.

\"Usulannya memang sudah masuk, kita tunggu saja realisasinya,\" ujarnya kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (2/2).

Ia mengaku, bangunan Pustu tersebut memang mengalami rusak berat. Usulan perbaikan pun sudah diajukan oleh pihak desa berkali-kali, namun hingga saat ini pustu tersebut belum juga diperbaiki.

\"Mudah-mudahan segera terealisasi di tahun ini,\" ungkapnya.

Mengenai tenaga kesehatan yang akan ditempatkan, ia mengaku bidan yang akan membantu adalah bidan dari desa tetangga yang tidak terlalu jauh jaraknya.

\"Untuk bidan, sementara kita minta bantuan dari bidan tetangga dulu,\" sambungnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Lubuk Durian, Edy Suparjo SKM mengaku sangat senang dengan adanya rencana perbaikan dan pengaktifan kembali pustu tersebut, apalagi warga desa sudah lama mendesak perbaikan pustu tersebut.

\"Saya mendukung sekali rencana pembangunan itu, karena masyarakat benar-benar membutuhkan pustu ini,\" ujarnya.

Ia mengharapkan pustu ini akan segera diaktifkan kembali setelah bangunannya selesai. Pihaknya juga sudah menyiapkan bidan sementara dari desa tetangga. \"Kalau bangunan sudah selesai kita akan segera aktifkan dengan bantuan bidan dari desa tetangga untuk melayani warga,\" ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Putus, Kus Inda mengaku sangat gembira usulan yang diajukan pihaknya  sejak bertahun-tahun akhirnya akan terealisasi.

Ia mengungkapkan bahwa desanya sangat membutuhkan pustu tersebut.

\"Kami sangat membutuhkan kenberadaan pustu tersebut, kami sangat senang dan akan mendukung pembangunan kembali pustu itu,\" pungkasnya.(cw2)

Tags :
Kategori :

Terkait