Dirjen PDN Resmikan Pasar KTM Lagita

Selasa 10-01-2017,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 KETAHUN, BE - Jika tidak ada aral melintang, hari ini Menteri Perdagangan diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri (PDN) akan datang ke Kabupaten Bengkulu Utara (BU) untuk meresmikan pasar tradisional Kota Terpadu Mandiri Lais Giri Mulya Ketahun (KTM Lagita) di Kecamatan Ketahun.

Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Utara, Ir Siti Qoriah Rosydiana mengatakan, rangkaian acara peresmian pasat KTM Lagita akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB siang ini langsung di lokasi pasar. Sedangkan kedatangan Dirjen PDN akan disambut langsung di Bandara Fatmawati Bengkulu. Kemudian langsung menuju lokasi peresmian.

Usai peresmian, Dirjen dan rombongan akan mampir ke rumah pribadi Bupati Bengkulu Utara Ir Mian di Kecamatan Ketahun.

‘’Kita berharap semuanya berjalan sesuai rencana yang telah kita persiapkan. Mudah-mudahan tidak ada kendala,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE) saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ia juga menambahkan, pasar tradisonal KTM Lagita ini dibangun dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah mengajukan permohon hibah kepada pihak kementerian agar mempermudah perbaikan serta perawatan pasar tersebut kedepannya.

‘’Ini masih tahap pengajuan hibah oleh kita bersamaan juga dengan Pasar Purwodadi yang telah diajukan hibahnya sejak tahun 2016 lalu,’’ ungkapnya.

Sedangkan mengenai pembangunan pasar KTM Lagita, ia menyebutkan telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar yang bersumber dari APBN. Lantaran masih tahap penghibahan, tambahnya, maka seluruh pedagang yang menempati sebanyak 112 los ini belum dipungut biaya. Untuk itu, ia berharap proses hibah ini dapat selesai pada pertengah tahun 2017 mendatang.

‘’Kalau proses pembangunannya alhamdulillah tidak ada kendala, dan kita inginkan pasar tradisional ini sesuai dengan harapan bersama, baik itu pemerintah daerah dan pusat. Sehingga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru,’’ terangnya.

Sebelumnya, Bupati Bengkulu Utara Ir Mian menyebutkan walaupun Menteri Perdagangan berhalangan hadir. Namun perwakilan dari Dirjen tidak mengurangi khidmatnya acara peresmian itu nanti. Apalagi Dirjen juga merupakan kuasa anggaran karena ini berhubungan dengan alokasi dana pengembangan KTM Lagita ke depan.(***)

Tags :
Kategori :

Terkait