Pasar Seluma – Rawa Indah Terancam Putus

Selasa 03-01-2017,12:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SELUMA SELATAN, Bengkulu Ekspress - Jalan jalur alternatif milik Pemprov Bengkulu yang ada di dekat sepanjang garis Pantai Pasar Seluma sampai ke Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo terancam putus, tepatnya di Muara Air Matan di Desa Rawa Indah. Pasalnya, jalan yang sudah diaspal tersebut sudah terkena abrasi.

“Jika lamban ditindak lanjuti, maka jalan alternatif peninggalan Inggris ini putus,” tegas Anggota DPRD Seluma Nur Ali kepada Bengkulu Ekspress kemarin (2/1).

Jalan ini memang bukanlah lintas, namun digunakan sebagai jalur alternatif oleh masyarakat di Kabupaten Seluma untuk menuju ke wilayah Ilir Talo dan sebaliknya. Mengingat masyarakat dari Ilir Talo jauh lebih dekat menuju Tais untuk mengurus dibandingkan dengan jalan normal.

“Kita selaku warga di Ilir Talo akan membuat laporan secara resmi ke Pemda Seluma sehingga bisa ditindak lanjuti termasuk ke balai Sumatra 7 Provisi Bengkulu,” ujarnya.

Nur Ali mengatakan, mengenai abrasi yang mengancam jalur alternatif ini diusulkan ke Pekerjaan Umum Balai Wilayah Sumatera VII Provinsi Bengkulu sehingga segera ditindaklanjuti. Karena memang merupakan kewenangan dari Pemprov Bengkulu dan pemerintah pusat.

“Jalur tersebut jalan nasional atau yang biasa disebut jalan Inggris, jadi masih kewajiban pemerintah pusat dan Pemprov Bengkulu untuk perbaikannya,” tegasnya.

Sebelumnya ruas jalur alternatif ini kondisinya juga rusak parah, serta digenangi air, namun 2016 lalu sudah dibangun oleh Pemprov Bengkulu Bengkulu dan PU Balai wilayah Sumatera VII. Nur Ali mengatakan bukan hanya wilayah jalur alternatif yang rawan putus karena terkena abrasi. Namun jalan nasional yang ada di Kabupaten Seluma juga ada beberapa titik yang berdekatan dengn garis pantai juga rawan putus karena abrasi. Salah satunya di Desa Padang Bakung. Namun untuk wilayah ini sudah mulai dibangun penahan gelombang oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma dari dana kucuran dana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

“Setidaknya jalan alternatif ini bisa diperbaiki sehingga manfaat akses jalan ini benar-benar dimanfaatkan warga. Terpenting bisa diperbaiki dari manapun anggrannya,” sambungnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait