Program Perpustakaan Butuh Dukungan

Kamis 29-12-2016,14:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

TAIS, Bengkuluekspress.com - Sejumlah program nasional dalam mengembangkan minat baca di Kabupaten Seluma dinilai membutuhkan dukungan Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Seluma dan DPRD Seluma. Sekalipun kegiatan yang dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah bagian dari program nasional yang tengah di gencarkan oleh pemerintah pusat. Salah satunya pengembangan perpustakaan keliling ke sejumlah sekolah di kabupaten Seluma serta melakukan pembinaan terhadap perpustakaan desa sekalipun.

“Kebutuhan anggaran untuk menyokong program nasional untuk menarik minat baca kalangan SD, SMP dan SMA/K tidak ada,” ujar Kepala Kantor Perpustaan dan Arsip Daerah Seluma Bustami Ain Mpd kepada BE kemarin (28/12). Kendati demikian saat ini Perpustakaan dan Arsip Daerah tetap melakukan pembinaan terhadap 45 Desa. Desa tersebut siap mengalokasikan sebagaian anggaran dana desa (DD) mereka untuk mengembangkan perpustakaan desa. Sehingga hal ini jelas disambut baik untuk melakukan pembinaan. Bahkan Kantor Perpustaan dan Arsip Daerah Seluma sudah menerima sejumlah bantuan buku bacaan berbagai ilmu untuk di salurkan kedesa binaan tersebut.

“Desa menyampaikan proposal untuk buku dan kita dukung mewujudkannya dengan mencari keinginan desa terutama buku,” sambungnya. Selain itu, guna meningkatkan minat baca sendiri. Kantor Perpustaan dan Arsip Daerah Seluma juga memberikan apresiasi kepada pengunjung dan peminjam buku yang teraktif dan disiplin. Dengan memberikan penghargaan kepada mereka. Tentunya hal ini semestinya terus di dukung agar perpustakaan tetap dikunjungi serta bisa meminjam buku.

Saat ini Perpusataan dan Arsip Seluma memiliki koleksi judul buku berjumlah 1.000 dan 30.000 eksemplar jumlah buku. Ditambah lagi baru-baru ini ada bantuan buku lagi dari pusat sebanyak 30.000 eksemoklar dan buku itu belum diregistrasi. Bustami berharap Ppemkab Seluma bisa mendukung sejumlah program nasional ini. Perpustakaan tidak akan berkembang jika tidak ada pembaca dan pengunjung. Anggaran guna mendukung tidak harus besar namun ada, sehingga bisa disesuaikan nantinya. Bustami mencontohkan dengan Perpustaan dan Arsip Daerah Benteng, BU dan Manna bisa menjalin kerjasama dengan Perpusseru. Ini bagian dari pengembangan perpustakaan agar lebih maju. “Jika pemkab komitmen maka kerjasama ini bisa dijalin juga. Kebutuhan perpustakaaan bisa terpenuhi kedepannya,”harapnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait