Kuburan Talang Rimbo Akan Dipindahkan, Dijadikan Tempat Manasik Haji

Senin 19-12-2016,18:18 WIB

CURUP, bengkuluekspress.com - Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi berencana akan memindahkan kuburan atau Tempat Pemakam Umum (TPU) di Jalan Suprapto Kelurahan Talang Rimbo Baru, akan dibongkar dan dipindahkan. Lokasi ini direncanakan akan dibangun tempat Manasik Haji.

Demikian Hijazi saat menggelara kegiatan Baksos Maulid Nabi SAW di Kesambe Baru, Curup Timur, Senin (19/12/2016).

TPU tersebut dinilai sudah melebihi kapasitas dan tidak ada lagi lahan tanah yang dapat dijadikan untuk kuburan, maka Pemkab Rejang Lebong berinisiatif memindahkannya.

\"Apalagi, sudah banyak warga mengeluhkan untuk penambahan lokasi kuburan, ditambah lagi setiap ada warga yang meninggal masyarakat setempat bingung mau menggali di sebelah mana, karena sudah tidak ada lagi lahannya. Sehingga terpaksa kuburan yang lama tertumpuk dengan kuburan yang baru, dan terus begitu,\" ujar Hijazi.

Maka dari itu, Pemkab RL akan berupaya untuk mengantisipasi itu semua dengan memindahkan kuburan tersebut. Setelah itu lokasi kuburan tersebut dijadikan tempat manasik haji. Terlebih masjid di seberang TPU tersebut juga akan dijadikan tempat pondok untuk menghafal Al-Qur\'an. Sehingga, kegiatan keagamaan di Kota Curup akan tampak sesuai dengan Program RL sebagai Kota Religius.

\"Namun, untuk lokasi kuburan tersebut akan dipindahkan kemana masih akan dicarikan dan kita juga masih meminta persetujuan warga setempat dan keluarga di TPU tersebut. Pastinya, rencana ini, tahapan dan prosesnya masih panjang, tapi mudah - mudahan dapat terlaksana dengan segera mungkin, lancar dan baik - baik saja,\" pungkas Bupati.(Ade)

Tags :
Kategori :

Terkait