Harga TBS Tak Stabil

Kamis 27-10-2016,14:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SELUMA BARAT, Bengkulu Ekspress - Harga tandan buah sawit (TBS) di Kabupaten Seluma saat ini tidak stabil. Terkadang bisa naik dan disisi lain sewaktu-waku bisa turun pula. Kondisi ini membuat petani di Seluma bingung dan merugi. Harga sawit bisa Rp 1000 per Kg, sewaktu-waktu bisa  turun menjadi Rp 800 per Kg, dan secara mendadak bisa naik lagi menjadi Rp 1.300 per Kg

“Ya mau tidak mau tetap kita jual mengingat pengurangan harga tersebut akibat kondisi jalan yang jelek,” tutur petani sawit Aprial (38), warga Desa Talang Sebaris dengan wajah lesu ketika diwawancarai Bengkulu Ekspress kemarin (26/10).

Sawit hanya dibeli pengepul seharga Rp 1000/Kg. Dengan kondisi akses jalan menuju perkebunan di desa Talang Sebaris yang jelek, harga jual sawit semakin murah. Hanya Rp 800/Kg. Harga murah itu tidak berlaku bila kondisi jalan bagus bisa mencapai Rp 1100/Kg.

“Ya mau tidak mau tetap kita jual mengingat pengurangan harga tersebut akibat kondisi jalan yang jelek,” sambungnya.

Petani pun dibuat bingung dengan harga sawit yang tidak stabil. Sewaktu-waktu harga sawit bisa mengalami kenaikan dan bisa pula turun.Terparah lagi jika musim penghujan, sejumlah toke enggan masuk ke desa menjemput sawit yang telah di panen warga dan diletakkan di tepian jalan akses kebun.

Toke Sawit Hernun (53), warga Desa Talang Tinggi, Kecamatan Seluma Barat menegaskan, dirinya menerima pembelian sawit kepada warga sebesar Rp 1100/Kg. Harga sawit jelas lebih murah disaat toke membeli langsung ke petani dibandingkan bila membeli di lokasi penimbangan.

“Untuk mereka yang menjual ke penimbangan langsung, kita hargai Rp 1100/Kg. Jika  menjemput ke kebun, maka harganya dihitung lagi dari jarak kebun ke jalan sebagai ongkos angkutnya,” tegasnya.

Disampaikannya, harga itu juga berlaku bagi sejumlah toke lainnya. Penetapan harga jual sawit di perusahaan ditetapkan sebagai acuan sejumlah toke dalam membeli sawit dari petani. Bila perusahaan membeli sawit Rp 1.350/Kg seperti beberapa hari lalu, maka dirinya juga menaikan harga pembelian di kalangan petani.

Harga harga sawit dibeli oleh perusahaan Rp 1350/Kg seberti beberapa hari lalu maka dirinya ikut akan menaikkan harga sawit yang dibeli dari warga. Begitu juga sebaliknya bila di perusahaan harga sawit turun, maka toko pun menurunkan harga belinya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait