Kapolda : Ada Polisi Pungli, Laporkan!

Kamis 20-10-2016,09:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Pelapor Diberi Reward

BENGKULU, BE - Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol Drs Yovianes Mahar, menyatakan selain memberantas korupsi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, ia siap menjalankan instruksi Presiden RI dan Kapolri untuk memberantas kegiatan pungutan liar (pungli), di jajaran internal Polri khususnya di lingkungan Polda Bengkulu dan jajaran.

Hal tersebut disampaikan Yovianes Mahar dalam acara pisah sambut dengan Kapolda Bengkulu yang lama Brigjend Pol Drs M Ghufron MM MSi, di Mapolda Bengkulu, Rabu (19/11).

Kepada seluruh anggotanya yang ada di Polda maupun yang ada di Polres maupun Polsek, Kapolda mengimbau untuk menjauhi segala bentuk pungli. \"Saya imbau agar seluruh anggota untuk tidak melakukan kegiatan tersebut (pungli),\" imbau Kapolda.

Sesuai instruksi Kapolri, Kapolda juga mempersilakan warga masyarakat mengabadikan dan melaporkan jika angota kepolisian melakukan kegiatan pungli.

Ia menegaskan, apabila anggota Polda Bengkulu dan jajaran melakukan pungli dan ada laporan dari masyarakat, maka masyarakat tersebut akan diberikan penghargaan kepada masyarakat tersebut. \"Yang paling pokok kita akan berterima kasih kepada masyarakat bila ada yang berani mengungkap pungli itu,\" ujar Kapolda.

Dukung Program Kapolda Lama

Brigjend Pol Drs Yovianes Mahar juga menegaskan akan mengikuti semua dan menjaga terus program-program Kapolda yang lama untuk mencapai tujuan yang baik. \"Apa yang telah dijalankan semuanya akan saya ikuti dan menjaga terus program-program beliau, untuk mencapai tujuan yang baik,\" jelasnya, kemarin.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu yang lama Brigjend Pol Drs M Ghufron MM MSi mengatakan dirinya yang telah menjabat sebagai Kapolda Bengkulu selama dua tahun berpesan kepada seluruh anggota dan masyarakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya.

\"Kalau perlu ditingkatkan terhadap dukungan yang telah diberikan kepada saya sehigga nanti kedepan Polda Bengkulu lebih berkiprah dalam menjaga stabilitas kantipnas di Provinsi Bengkulu ini,\" harapnya.

Disambut Tokok Dol Polwan

Ada yang unik dalam penyambutan Kapolda Bengkulu kemarin. Jika selama ini penari dan pemain dol biasanya diambil dari salah satu sanggar, maka kemarin anggota Polwan Polres Bengkulu memberikan kejutan dengan memainkan dol dan tari persembahan menyambut Kapolda.

Selanjutnya acara terakhir tadi malam di ruangan serbaguna Poltekes dilakukan kegiatan penutup yaitu acara pengantar tugas yang dihadiri seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, seperti Wakil Gubernur Bengkulu Dr Drh H Rohidin Mersyah MMA, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ikhsan Fajri, Danrem 041/Gamas Bengkulu Kol Inf Andi Muhammad, Kajati Bengkulu, para bupati se-Provinsi Bengkulu, Wakil Walikota Bengkulu, rektor universitas baik swasta maupun negeri di Bengkulu, Direktur Bengkulu Ekspress Media Grup (BEMG) Sukatno MSi, Ketua PWI Bengkulu, pimpinan koran RB koran dan TV, Radar Bengkulu serta undangan lainnya.

Dalam acara itu, Humas Polda Bengkulu menampilkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kapolda Bnegkulu yang lama, seperti terjun langsung ke tempat musibah tanah longsor di Lebong Tandai, Lebong Selatan, kebakaran di Enggano, penyelesaian konflik anatara pihak perusahaan dengan masyarakat serta kegiatan-kegiatan yang lainnya. Sedangkan untuk menghibur para undangan, panitia mendatangkan penyayi ibu kota Trio Ambisi.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ikhsan Fajri yang mewakili masyarakat Provinsi Bengkulu menyampaikan banyak terimakasih kepada Brigjend Pol Drs M Ghufron MM MSi yang telah dua tahun ini menjaga ketertiban dan keamanan Provinsi Bengkulu.

\"Banyak kasus yang telah diungkap selama kepemimpinan beliau (M Ghufron) seperti kasus pemerkosaan terhadap Yuyun, pengungkapan kasus perampokan, korupsi serta pidana yang lainnya. Serta banyak lagi dedikasi bapak Ghufron terhadap Bengkulu yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, namun saya mewakili masyarakat Bengkulu sangat berterimakasih sedalam-dalamnya,\" sampai Ikhsan.

Sedangkan untuk Kapolda Bengkulu yang baru Brigjend Pol Drs Yovianes Mahar, Ikhsan mengucapkan selamat bertugas di Provinsi Bengkulu, semoga selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan elemen masyarakat Bengkulu \"Semoga bapak bisa menjadi pembimbing dalam kemajuan, ketertiban maupun keamanan Provinsi Bengkulu,\" harapnya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait