Final, 5 Paslon Bertarung di Pilkada Bengkulu Tengah

Sabtu 24-09-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

BENTENG, BE - Proses pendaftaran pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) resmi ditutup, sekitar pukul 24.00 WIB, Jumat (23/9) tadi malam.

Sebanyak lima pasangan balon resmi mendaftar dan siap dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya sesuai dengan yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng, yakni tes kesehatan di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) kota Bengkulu guna mengecek kesehatan rohani (kejiwaan,red) dan penggunaan narkoba, sekitar pukul 08.00 WIB, Sabtu (24/9) hari ini.

\"Proses pendaftaran telah resmi kita tutup dan KPU telah mencatat sebanyak 5 (lima) pasangan balon yang dinyatakan lengkap dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes kesehatan di RSJKO pada besok pagi (hari ini,red),\" jelas Ketua KPU Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST, kepada BE, Jumat (23/9) kemarin.

Kelima pasangan balon itu diantaranya, empat pasangan dari jalur independen yakni Henry-Ismail, M Sabri SSos MM-Liana Naini, Arsyad Hamzah-Medio (Ar-Med) dan Medi Hasferi-Irman Jaya. Sedangkan satu pasangan lainnya adalah DR H Ferry Ramli SH MH-Septi Periadi yang merupakan satu-satunya pasangan balon dari jalur partai politik (parpol).

Dijelaskan Asmara, selain tes kejiwaan dan penggunaan narkoba, KPU juga akan melakukan tes kesehatan jasmani (fisik,red) di Rumah Sakit M Yunus (RSMY) Kota Bengkulu. Dari koordinasi yang dilakukan bersama kedua RS tersebut, KPU akan menggelontorkan dana sebesar Rp 250 juta, dengan rincian sebesar Rp 50 juta kepada satu pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati.

Diketahui, untuk pelaksanaan tes di RSJKO KPU akan menggelontorkan dana sebesar Rp 2,8 juta untuk masing-masing bakal calon. Sedangkan di RSMY Kota Bengkulu, KPU akan mengeluarkan dana senilai Rp 22 juta bagi bakal calon dengan jenis kelami perempuan dan Rp 18 juta bagi bakal calon dari jenis kelamin laki-laki.

\"Tes kesehatan jasmani akan kita lakukan di RSMY Kota Bengkulu pada hari Senin (26/9) lusa,\" kata Asmara. Lebih lanjut Asmara menjelaskan, setelah melakukan proses pendaftaran dan pemeriksaan berkas awal, KPU akan kembali melakukan verivikasi administrasi pada tanggal 24-27 September mendatang. Setelah itu, pihaknya masih memberikan kesempatan bagi paslon yang belum melengkapi persyaratan administrasi untuk melakukan perbaikan.

\"Perbaikan atas hasil verifikasi administrasi akan kita berikan batas waktu selama 6 (enam) hari, dimulai dari tanggal 30 September hingga 4 Oktober 2016,\" tutupnya.

Pantauan BE, dihari terakhir pendaftaran kemarin, pasangan balon Medi Hasferi-Irman Jaya mendatangi KPU sekitar pukul 14.30 WIB. Pasangan balon ini mendatangi kantor KPU dengen berjalan kaku dari Kantor Panwas Kabupaten Benteng dan diringi dengan puluhan massa pendukung.

\"Saya mendaftar berdasarkan niat saya sendiri untuk membangun Kabupaten Benteng, bukan karena perintah siapapun. Saya juga sudah menyiapkan kekurangan syarat dukungan agar bisa ditetapkan sebagai salah satu pasangan calon (paslon) dalam pilkada 15 Februari 2017 mendatang,\" tandas Medi.(135)

1. DR H Ferry Ramli SH MH-Septi Periadi 2. Henry-Ismail 3. M Sabri SSos MM-Liana Naini 4. Arsyad Hamzah-Medio (Ar-Med) 5. Medi Hasferi-Irman Jaya

Tags :
Kategori :

Terkait