Rp 1,6 M DD Tak Bisa Dikucurkan

Rabu 21-09-2016,10:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

TAIS, BE-Total anggaran Dana Desa (DD) Rp 1,6 M tahap kedua tahun 2016 ini tak bisa dikucurkan ke rekening desa. Pasalnya 7 desa di 6 kecamatan tak kunjung menyampaikan laporan pertangung jawaban dan realisasi penggunaan anggran tahap pertama lalu ke Dinas Pengelolaan Pendapatan Kekayaan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Seluma.

“Kita belum bisa mengirimkan DD dan ADD ke 7 desa di 6 kecamatan lantaran realisasi DD tahap pertama belum masik ke kita sehingga belum di proses lebih lanjut,”tegas Kepala DPPKAD Seluma Deddy Ramdhani SE MSE MA kepada BE kemarin (20/9)

Deddy menampahkan, sedangkan selebihnya DD dan ADD desa yang telah menyelesaikan kewajiban. Maka telah di kirim kerekening masing-masing, tanpa dilakukan pemotongan sepeserpun. Dibeberkan 7 desa di 6 kecamatan yang belum menyampaikan realisasi DD tersebut adalah Kecamatan Sukaraja, Desa Lubuk Sahung Rp 234 juta dan Desa Cengri Rp 239 juta. Kecamatan Talo desa Serambi Gunung Rp 249 juta, Kecamatan Semidang Alas(SA) desa Napalan Rp 239 Juta, Kecamatan Seluma Timur desa Kunduran Rp 242 juta, kecamatan Ilir Talo desa Paluh Terap Rp 239 juta dan kecamatan Ulu talo desa Muara nibung Rp 237 Juta.

“Untuk desa yang belum dikucurkan DD dan ADD ini anggran masih tersimpan di kas daerah menunggu sampai realisasi ADD dan DD disampaikan barulah dikirimkan kembali,”terangnya.

Informasi yang berhasil dihimpun BE, jika terdapat satu desa Paluh Terap untuk DD dan ADD desa tersebut masih tersimpan di rekening desa masing-masing. Mengingat belum di kerjakan sama sekali oleh perangkat desa. Dimana juga desa ini mengalami pertukaran kades.

Sehingga berdampaak pada pembangunan desa yang tidak bisa dijalankan. DPPKAD Berharap pihak terkait dapat membantu desa tersebut untuk melakukan penyerapan anggran DD. Termasuk juga seluruh desa untuk bisa menyampaikan realisasi anggran dan kecamatan untuk bisa melakukan bimbingan terhadap desa.

“Jika ada laporan realisasi DD maka anggrannya sudah bisa di kucurkan dan belum digunakan DD desa ini jelas pembangunan didesa paluh terap tidak berjalan,”tegasnya.

Terpisah Camat Sukaraja M Husni SE menegaskan membenarkan dua desa di kecamatan sukaraja desa Cengri dan lubuk Sahung belum menyampaikan realisasi DD sehingga belum di kucurkannya anggran DD dan ADD. Namun agar ini tidak berlarut, kecamatan juga akan mempertanyakan permasalahan belum di sampaikannya realisasi DD tersebut. Sehingga kecamatan dapat ikut membantu percepatan penyerapan anggran DD untuk desa.

“Beberapa hari kedepan akan kita tanyakan langsung ke kades terkait realisasi anggran yang ada dan sejauh mana penyerapannya,”ujarnya kemarin. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait