1000 Jalan Mulus Kurang Rp 350 M

Senin 19-09-2016,09:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

PAN Beri Jaminan Terealisasi

BENGKULU, BE- Program pemerintah Kota Bengkulu 1000 jalan mulus hingga kini terus dalam tahap pengerjaan. Hanya saja, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kota Bengkulu masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 350 miliar lagi untuk menuntaskan hingga 100 persen.

\"Iya memang dibutuhkan penambahan anggaran sekitar Rp 350 Miliar, untuk menyatakan penghabisan seluruh jalan di Kota Bengkulu ini mulus semua,\" kata Syafriandi, kemarin (18/9).

Menurutnya, selama ini proses pengerjaan proyek selalu di triwulan kedua karena perencanaan selalu dilakukan pada awal tahun, sehingga pengerjaan berjalan lambat. Untuk itu, saat ini pihaknya telah mengubah strategi, dengan melakukan perencanaan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2016.

Untuk merealisasikan anggaran sebesar Rp 350 miliar diplotkan pada APBD 2017 mendatang, sehingga proyek bisa langsung dimulai pada awal tahun, dengan target waktu yang lebih cepat. \"Jadi perencanaannya sudah kita garap di 2016, nanti diawal tahun 2017 bisa bergerak langsung,\" ucapnya.

Lanjutnya, untuk panjang jalan di Kota Bengkulu ini mencapai sekitar 954 kilometer, sementara proses perbaikan yang sudah diselesaikan baru sekitar 350an kilo, sehingga masih menyisakan sekitar 600 kilometer jalan lagi.

\"Tetapi didalam 600an kilo itukan sudah ada yang bagus, berarti kita butuhkan sekitar 300-400 kilo lagi, nah makanya nanti kita coba kalau memang memungkinkan itu 2017 itu tuntas seluruh,\" paparnya.

Sebagaimana yang diketahui, target 500 ruas jalan di tahun 2016 ini, sudah mencapai 45 persen, sehingga pihaknya optimis untuk menuntaskan hingga akhir tahun. Meski sejumlah masyarakat masih mengeluhkan bahwa lapisan hotmix hanya setengah dari panjang jalan di dalam gang, namun pihak Dinas PU memastikan untuk melakukan proses hotmix lanjutan hingga setiap panjang jalan di gang-gang tersebut dapat diperbaiki.

Sementara itu, program 1.000 jalan mulus oleh Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE, mendapat jaminan Partai Amanat Nasional (PAN). Tak tanggung-tanggung, ketika tidak terealisai dan menemukan jalan berlobang di Kota Bengkulu, maka masyarakat diminta untuk mengibarkan bendara PAN di jalan kota tersebut.

Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu, Dempo Xler SIp mengatakan langkah ini dilakukan, untuk menunjukkan bawah program 1.000 jalan mulus di kota tersebut pasti akan terealisasi. \"PAN siap untuk mendukung masyarakat dan mengawal program seribu jalan mulus. Kalau masih ada jalan kota yang berlobang, belum juga diperbaiki. Silahkan tancapi bendara PAN,\" tegas Dempo kepada BE, kemarin.

Tak hanya ditancapi bendara, PAN juga siap demo jika program jalan mulus Helmi Hasan yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu tidak merata. \"Bahkan PAN juga siap demo, kalau program ini tidak merata,\" ujarnya.

Dijelaskannya, keseriusan program seribu jalan mulus ini sendiri dilakukan, atas dasar pecepatan akeses jalan bagi warga Kota Bengkulu. Helmi Hasan yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu ini, tidak mau kecolongan atas tidak teralisasinya program tersebut. \"Kalau tidak teralisasi, PAN yang akan ikut malu. Tapi sekarang masyarakat bisa merasakan, rata-rata jalan kota sudah mulus semua,\" tambahnya.

Meski demikian, Dempo menegaskan kepada masyarakat, untuk dapat memahamai mana jalan yang menjadi kewenangan Pemda kota dan mana jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi dan jalan negara. Karena jika jalan tersebut bukan masuk dalam kewenangan pemda kota, tentunya jalan tersebut tidak mungkin untuk ikut diperbaiki. \"Ini juga menjadi catatan. Kalau bukan kewenangan tentu tidak bisa untuk dilakukan,\' terang Dempo.

Sementara itu, untuk program seribu jalan mulus sendiri telah lebih dari 90 terealisasi. Ini menunjukan bahwa Walikota benar-benar komitmen, dalam menyelesaikan 1.000 jalan mulus tersebut. \"Komitmen pak wali ini yang membuat PAN yakin, program tersebut selesai dan masyarakat benar-benar dapat merasakan dampak nyata atas program tersebut,\" tutupnya. (151/805)

Tags :
Kategori :

Terkait